Pemilu 2018 – 2019, Belum Gunakan E-Voting

IMG_9907

Ketua KPU RI Arief Budiman ketika membubuhkan tanda tangan dalam daftar hadir RPP GUSDUR didampingi Bupati Jombang Nyono Suharli Wihandoko

IMG_9898

Ketua KPU RI Arief Budiman dipandu Athoillah Divisi Hukum KPU Jombang ketika meninjau RPP GUSDUR didampingi Bupati Jombang Nyono Suharli Wihandoko

IMG_9895

Ketua KPU RI Arief Budiman ketika membuka secara resmi pintu RPP GUSDUR didampingi Bupati Jombang Nyono Suharli Wihandoko

 

Jombang, kpu–jombangkab.go.id  Pada peresmian Rumah Pintar Pemilu (RPP) Gusdur KPU Kabupaten Jombang, Sabtu (22/04) lalu, Ketua KPU RI, Arief Budiman menanggapi pertanyaan mengenai wacana melakukan e-voting­ pada Pemilu mendatang.

 

Ditemui usai meresmikan RPP Gusdur, Arief menjelaskan bahwa hingga saat ini pihaknya belum mengeluarkan rekomendasi terkait wacana penggunaan sistem pemilu online atau e-voting pada Pemilu 2018 dan 2019. “Setelah dilakukan kajian dan penelitian, kita tidak siap dan belum bisa menggunakan sistem e-voting saat Pemilu 2018 dan 2019. Namun kita bisa melakukan e-rekap”, tutur Arief.

 

Menurutnya untuk melakukan e-voting harus didasarkan pada beberapa pertimbangan. Diantaranya yaitu jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS), letak geografis Indonesia serta Sumber Daya Manusia yang ada.

 

“Tidak semua wilayah di Indonesia mendapat aliran listrik. Akan susah diterapkan e-voting jika tidak ada jaringan listrik ataupun internet. Disamping itu, tidak semua KPU di Indonesia memiliki gudang yang akan digunakan untuk menyimpan alat mahal untuk e-voting”, terang Arief.

 

Karena itu, penerapan e-voting harus dipikirkan dengan lebih matang, disamping modal awal pembelian alat untuk e-voting yang mahal, juga harus dipertimbangkan biaya perawatan serta sumber daya manusia yang akan mengoperasikan e-voting. Sehingga di Indonesia untuk saat ini, akan menerapkan e-rekap dan transparansi informasi lainnya kepada masyarakat untuk membangun kepercayaan publik. (Anjar)

 

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *