STKIP PGRI JADIKAN RPP GUSDUR LABORATORIUM PPKN

IMG_1034

Dja’far dan Muhaimin Shofi, komisioner KPU Jombang saat menemui Humas STKIP PGRI Jombang di RPP Gusdur, Kamis (18/5)

 

 

Jombang, kpu-jombangkab.go.id-  Humas STKIP PGRI  Jombang melakukan penjajakan kerjasama dengan Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Jombang, Kamis  (18/5). Kerjasama itu sebagai bentuk respon kepedulian akan perkembangan demokrasi di Kabupaten Jombang. Rombongan Humas STKIP PGRI Jombang dipimpin  DR. Firman Syah.M.Pd Kepala humas dan kerja sama STKIP PGRI  Jombang, Drs. Adib Darmawan, MA, M Subari Wiyanto.   diterima langsung Muhaimin Shofi Ketua KPU Jombang  beserta  komisioner, Djafar.

Rombongan Humas STKIP PGRI melibatkan seluruh elemen kampus bersama dengan KPU Kabupaten Jombang sebagai penyelenggara Pemilu ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi pemilih dan  pendidikan demokrasi  bagi pemilih pemula,

Dijelaskan Firman,  jika ruang lingkup penjajakan kerjasama secara kelembagaan ini meliputi kerjasama praktis dan strategis yang tidak saja melibatkan pendidik melainkan juga mahasiswa. Beberapa kemungkinan terkait dengan pendidikan, penelitian dan Praktek Kerja Lapangan Mahasiswa STKIP PGRI   khususnya Prodi PPKN di sekolah-sekolah dibawa binaan STKIP PGRI, dalam  meningkatkan partisipasi pemilih  maupun pendidikan demokrasi  bagi pemilih pemula, diantaranya adalah dukungan fasilitas dan sumber daya yang tersedia antara kedua belah pihak.

“Dalam kaitan dengan pendidikan pemilih  pemula misalnya, KPU Kabupaten Jombang diharapkan dapat menyediakan ruang bagi  mahasiswa  STKIP PGRI  untuk melaksanakan penelitian, maupun permintaan bahan terkaiat data yang diperlukan, begitu juga sebaliknya, KPU Kabupaten Jombang juga bersedia menjadi narasumber terkait dengan penyelenggara pemilu dan melibatkan STKIP PGRI  dalam kegiatan sosialisasi pemilih pemula ” jelas Firman.

Muhaimin Shofi, SE menyambut baik kerjasama ini Ia menerangan bahwa sebelumnya KPU Jombang  juga menjalin kerja sama dengan civitas akademisi yang ada di Jombang diantaranya UNDAR. ”Kampus / perguruan tinggi merupakan mitra stregis yang dapat menjadi kekuatan partisipasi pemilih, KPU membutuhkan tenaga ahli dari kalangangan akademisi untuk penelitian partisipasi, saya kira kerjasama ini positif untuk kedepan” tandasnya.

Sementara itu  Djafar mengatakan, “KPU Kabupaten  Jombang di percaya  KPU RI  untuk membentuk Rumah Pintar Pemilu salah satunya dengan melibatkan perguruan tinggi di wilayah masing-masing, Rumah Pintar Pemilu tersebut akan menjadi ruang diskusi, kita  harap STKIP PGRI  Jombang bisa terlibat dalam kegiatan tersebut” kata Dja’far. (agus)

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *