KPU Gandeng KPID  untuk Kampanye Pemilukada

 

ba579f36-6b05-48c6-bd51-2389f4e0dd55

  Gandi Wicaksono S.IP  Komisioner KPID Jatim menemui Moch. Fatoni, Rabu (24/5)

Jombang, kpu-jombangkab.go.id- Menjelang peluncuran Tahapan Pemilukada Serentak Tahun 2018 yang direncanakan pertengahan Juni 2017 oleh KPU RI, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jombang gencar mempersiapkan segala sesuatunya. Beberapa di antaranya adalah menggandeng Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Provinsi Jawa Timur (KPID Jatim) dan Jawa Pos Media Televisi (JTV).

Melalui surat Nomor 203/KPU-Kab/014.329722/V/2017 Tertanggal 23 Mei 2017 Perihal: Permintaan Informai Media Cetak, Elektronik dan Lembaga Penyiaran,  KPU Kabupaten Jombang berkonsultasi dengan KPID Jatim untuk mendapatkan informasi tentang lembaga penyiaran di wilayah Jawa Timur yang memenuhi syarat. Syarat dimaksud adalah mengenai perizinan resmi yang dimiliki oleh lembaga penyiaran tersebut terkait penayangan iklan kampanye sebagaimana diatur dalam Peraturan KPU RI Nomor: 12 Tahun 2016 Tentang Perubahan Atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia Nomor: 7 Tahun 2015 tentang Kampanye Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota Pasal 32 ayat (1) KPU Provinsi/KIP Aceh atau KPU/KIP Kabupaten/Kota memfasilitasi penayangan iklan kampanye sebagaimana dimaksud dalam Pasal 5.

“Tujuan kami menggandeng KPID Jatim karena kami ingin berhati-hati dalam memilih lembaga penyiaran  untuk keperluan penayangan iklan kampanye pemilukada 2018 baik dari segi perizinan maupun dari segi netralitas untuk lembaga KPU sendiri serta KPU tidak ingin dianggap tebang pilih dalam memilih lembaga penyiaran  untuk penayangan iklan kampanye,” tegas Mochammad Fatoni, Komisioner Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat yang akan mengomandani kegiatan sosialiasi dan kampanye, di kantor KPID Jatim, Rabu (24/5).

Gandi Wicaksono S.IP  Komisioner KPID Jatim yang menerima kedatangan Tim KPU Kabupaten Jombang tersebut menyatakan bahwa sudah tepat KPU Kabupaten Jombang bersikap hati-hati dalam menyeleksi lembaga penyiaran , terutama terkait perizinan yang menjadi ranah tugas KPID Jatim. KPID Jatim akan memberikan jawaban resmi surat dari KPU Kabupaten Jombang dalam tempo segera.

“Karena memang saat ini banyak pemilik lembaga penyiaran  yang juga berpolitik praktis dan menggunakan lembaga penyiaran  yang dimilikinya untuk kepentingannya, ini yang harus disikapi hati-hati karena terkait juga netralitas dari penyelenggara pemilu,” ujar Gandi, yang juga alumnus Ilmu Politik Universitas Airlangga Surabaya ini. (dyta)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *