PKB Terima Autentikasi Perolehan Suara Parpol

burhan abadi

Abdul Wadud Burhan Abadi, Komisioner Divisi Program dan Perencaan Data KPU Jombang memberikan data perolehan pemilu 2014 kepada perwakilan DPC PKB Jombang, Titin, Rabu (24/5)

 

Jombang. kpujombangkab.go.id Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyerahkan Surat Keterangan Autentikasi hasil perolehan suara dan kursi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) pada pemilu 2014. Surat keterangan autentikasi diserahkan Abdul Wadud Burhan Abadi, Komisioner Divisi Program dan Perencaan Data KPU Jombang kepada perwakilan DPC PKB Jombang, Titin.

Menurut Abud Wadud Burhan Abadi, sebetulnya Surat Autentikasi untuk PKB sudah lama dikeluarkan, namun belum diambil, Surat dari DPC PKB nomor : 031/DPC-03/V/B.2/V/2017 itu diserahkan ke KPU pada 16 Mei  2017. ”Sebetulnya Surat Keterangan Autentikasi itu bisa selesai hari itu juga, kalau Ketua KPU ada. Tapi karena ketua KPU saat itu sedang ada tugas luar kota, sehingga baru besoknya ditandatangani. Namun meski suratnya sudah keluar, PKB juga tidak segera mengambilnya. Baru sekarang, (maksudnya Rabu 24/5), red) diambilnya,” jelas Burhan.

Seperti diketahui, Surat Keterangan Autentikasi perolehan suara dan kursi pada pemilu 2014 merupakan salah satu syarat administratif untuk memperolah dana bantuan keuangan Partai Politik Tahun Anggaran 2017 sebagaimana diatur dalam Undang-undang Nomor 2 Tahun 2011. Pada Pemilu 2014 PKB mendapat 8 kursi di DPRD Kabupaten Jombang. dengan perolehan suara 121.574 (seratus dua puluh satu  ribu lima ratus tujuh puluh empat).

Dari catatan di bagian sekretariat KPU Jombang, hingga minggu terakhir Mei ini, baru empat dari 10 Parpol yang mengajukan autentikasi perolehan suara dan kursi pada Pemilu tahun 2014. Dari empat yang sudah mengajukan, tiga sudah diambil pemohon dan hanya Partai Golkar yang belum diambil, meski Surat Keterangan Autentikasi sudah diterbitkan KPU Jombang.(agus)

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *