KPU Jombang Siapkan Draft Kesepakatan Bersama

IMG_1642IMG_1637

Jombang. kpu-jombangkab.go.id. KPU Kabupaten Jombang mengadakan rapat rutin mingguan dengan tema pembahasan penyusunan draft kesepakatan bersama antara DPRD Kabupaten Jombang, Pemerintah Kabupaten Jombang dan KPU Kabupaten Jombang serta Pembahasan RKB Anggaran Pilkada 2018, Rabu (31/05).

Rapat diadakan diruang rapat komisioner dengan dihadiri seluruh anggota Komisioner, Sekretaris dan para Kasubag, dipimpin Ketua KPU Kabupaten Jombang, Muhaimin Shofi. Disamping penyusunan draft kesepakatan bersama, juga dibahas tentang hasil Rapat Kerja (Raker) antara Sekretaris KPU Kabupaten Jombang dengan Kementrian Dalam Negeri RI dan Pemerintah Daerah.

Pada draft kesepakatan bersama, dituangkan bahwa kebutuhan anggaran untuk penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Jombang Tahun 2018 dibebankan kepada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Jombang Tahun Anggaran 2017 dan Tahun Anggaran 2018. Kesepakatan ini dilakukan untuk menjamin ketersediaan anggaran yang dibutuhkan dalam pilkada 2018.

Dalam rapat kali ini juga dibahas perubahan Rencana Kebutuhan Belanja (RKB) yaitu adanya perubahan atas indek uang saku dan uang makan tenaga pengamanan. Hal ini merujuk surat dari Kapolres Jombang Nomor : B/1629/V/2017/Bagops tanggal 29 Mei 2017.

Sekretaris KPU Kabupaten Jombang, Hanif Purwanto menjelaskan bahwa menurut arahan dari Dirjen Bina Keuangan Daerah, Penandatanganan Nota Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) dilakukan 1 (satu) kali. Bermacam dasar sebagai rujukan, antara lain Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 44 Tahun 2015 dan Permendagri Nomor 51 Tahun 2015.

“Jika NPHD terpaksa tidak cukup dengan 1 kali penandatanganan, maka dapat menggunakan addendum. Namun jika masih menemui kebuntuan, disarankan untuk mendatangkan BPKP setempat,” ungkap Hanif. (Anjar)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *