Sering Baca Berita, Penasaran, Kunjungi RPP dan Terkesan

foto bu catur

Ir. Hj Tjaturina Wihandoko MM mengunjungi Rumah Pintar Pemilu (RPP) Gusdur (Gubuk Sosialisasi Demokrasi Untuk Rakyat) di KPU Jombang, Rabu (31/5).

 Jombang, kpu–jombangkab.go.id Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Jombang, Ir. Hj Tjaturina Wihandoko MM mengunjungi Rumah Pintar Pemilu (RPP) Gusdur (Gubuk Sosialisasi Demokrasi Untuk Rakyat) di KPU Jombang, Rabu (31/5). Dengan ditemani seorang stafnya, istri Bupati Jombang, Nyono Suharli Wihandoko itu datang dadakan ke RPP Gusdur karena penasaran.

“Saya penasaran datang ke RPP Gusdur ini, setelah membaca berita-berita di website KPU. Saya membaca banyak parpol dan masyarakat yang berkunjung ke RPP Gusdur ini, Makanya hari ini saya sempatkan datang berkunjung ini, saya ingin melihat sendiri,” tutur Hj. Tjaturina Wihandoko di sela-sela kunjungannya.

“Ternyata bagus juga ya…. Saya pikir RPP Gusdur ini bagus untuk pendidikan anak-anak sekolah, karena isinya tidak sekadar sejarah pemilu, tapi ada juga dokumen kepemiluan lainnya, termasuk yang menarik ada beberapa permainan edukasinya,” tambah ibu dua putri ini yang juga dinobatkan sebagai Bunda PAUD Jombang ini.

Ia berencana mengajak pengurus PKK Kabupaten, bila perlu semua pengurus kecamatan dan desa untuk mengunjungi RPP Gusdur. Tujuannya agar mereka paham proses pemilu itu dilakukan. Pemilu itu bukan urusan mencoblos surat suara semata, tapi bagaimana proses memilih pemimpin di daerah itu dilakukan.

Selain akan menyerukan kepada koleganya, yakni para pengurus PKK dan Darma Wanita, ia berharap masyarakat umum juga bisa belajar lebih dalam tentang kepemiluan di RPP Gusdur. Apalagi permainan yang disuguhkan juga sangat mengedukasi.

“Permainan yang ada di RPP Gusdur sangat menarik. Saya yakin dengan game-game yang ada ini, anak-anak akan mudah memahaminya, seperti puzzle ini dan permainan ular tangga, Saya sepakat, sejak dini anak-anak perlu dikenalkan dengan demokrasi dalam memilih, sehingga ke depan diharapkan dapat meningkatkan peran masyarakat dalam Pemilu,” jelas ibu dua putri ini seraya mengapresasi pembangunannya RPP Gusdur ini.

Seperti diketahui, Rumah Pintar Pemilu (RPP) KPU Kabupaten Jombang yang diberi nama Gubuk Sosialisasi Demokrasi Untuk Rakyat atau disingkat Gusdur ini dilaunching Ketua KPU RI, Arief Budiman, pada Sabtu 22 April 2017 lalu.

RPP Gusdur dibangun untuk mengedukasi masyarakat umum tentang pentingnya Pemilu. Dalam RPP Gusdur, masyarakat dapat mengetahui tentang produk KPU, baik KPU RI maupun KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota. RPP ini sekaligus sebagai bentuk laporan kinerja kepada publik dan transparansi KPU sebagai penyelenggara pemilu di daerah. (Anjar)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *