KPU Termotivasi Untuk Menuju WTP

WhatsApp Image 2017-06-07 at 14.07.13

Ketua KPU Jatim, Eko Sasmito

 

Opini Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) merupakan pernyataan professional mengenai kewajaran informasi keuangan yang disajikan dalam laporan keuangan yang didasarkan pada empat kriteria yakni kesesuaian dengan standar akuntansi pemerintahan, kecukupan pengungkapan, kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan dan efektivitas sistem pengendalian intern. Berkaitan dengan hal tersebut, dalam Rapim yang digelar KPU Provinsi Jawa Timur, Ketua KPU Jatim, Eko Sasmito mengungkapkan bahwa KPU akan terus melakukan perbaikan.

“KPU pada tahun kemarin masih dalam status WDP (Wajar Dengan Pengecualian). Dan untuk tahun ini KPU akan berusaha semaksimal mungkin untuk melakukan perbaikan dalam pelaporan keuangan sehingga opini BPK tidak lagi WDP namun dapat meningkat menjadi WTP (Wajar Tanpa Pengecualian),” kata Eko saat memberi penjelasan dalam Rapim di Sidoarjo, Selasa (06/06).

Opini WTP adalah opini audit yang akan diterbitkan jika laporan keuangan dianggap memberikan informasi yang bebas dari kesalahan material. Jika laporan keuangan diberikan opini WTP artinya auditor meyakini berdasarkan bukti-bukti audit yang dikumpulkan bahwa instansi dianggap telah menyelenggarakan prinsip akuntansi yang berlaku umum dengan baik, dan jika masih terdapat kesalahan, kesalahan tersebut dianggap tidak material dan tidak berpengaruh signifikan terhadap pengambilan keputusan.

Karena itu, Eko Sasmito mengintruksikan KPU Kabupaten/Kota mendukung target KPU RI tersebut dengan terus melakukan perbaikan dalam pengelolaan keuangan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku. (Anjar)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *