KPU Tunjuk Staf Khusus Pengelolaan Surat Menyurat

IMG_1771

Ermawati Puspita Sari, staf khusus yang menangani agendaris surat masuk dan keluar di KPU Jombang

Jombang. kpu-jombangkab.go.id. Arsip adalah catatan kegiatan dalam berbagai bentuk dan media sesuai dengan perkembangan teknologi, informasi dan komunikasi yang dibuat dan diterima oleh orang yang membuat arsip dalam pelaksanaan kehidupan sosial, negara dan bangsa. Penanganan arsip yang tidak benar akan memberi efek pada proses aktivitas di organisasi atau institusi. Catatan dan arsip membutuhkan perhatian manajemen, sumber daya manusia yang berkualitas dan tempat yang memadai. Regulasi berkas di Indonesia diatur dalam Undang-undang nomor 43 tahun 2009.

KPU Kabupaten Jombang sebagai lembaga negara penyelenggara pemilu sangat membutuhkan penataan arsip yang baik, terutama untuk pengarsipan surat masuk dan keluar. Surat masuk dan keluar sebagai dokumen KPU Jombang berfungsi sebagai tanda bukti otentik, pedoman untuk melakukan suatu tindakan atau perintah, pengingat dan sebagai wakil dari instansi pengirim surat. Oleh karena itu, KPU Jombang menempatkan seorang staf khusus yang menangani pengagendaan surat masuk dan keluar di KPU Jombang.

Ermawati Puspita Sari, petugas agendaris surat masuk dan keluar di KPU Kabupaten Jombang setiap harinya memastikan surat masuk dan keluar tersimpan dengan rapi dan aman. Disamping itu, Ermawati memastikan untuk setiap surat masuk bisa sampai kepada penerima sehingga dapat segera ditindak lanjuti. “Saat ada surat masuk, akan langsung di scan. Jadi KPU Jombang punya bukti otentik, tidak hanya hardcopy tapi juga softcopy. Disamping itu, untuk setiap surat masuk setelah di scan akan langsung di email ke Sekretaris KPU Jombang sehingga dapat segera ditindak lanjuti”, tutur Ermawati. (Anjar)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *