Rapat Mingguan Diskusikan Hasil Rapim

IMG_1801

 

 

IMG_1798

 

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jombang mengadakan rapat rutin mingguan dengan tema pembahasan yaitu review hasil Rapim (Rapat pimpinan.red) bersama KPU Propinsi Jawa Timur dan 38 KPU Kabupaten/Kota. Rapat diadakan di ruang rapat komisioner, dipimpin Ketua KPU Kabupaten Jombang Muhaimin Shofi dan dihadiri seluruh anggota Komisioner, Sekretaris serta para Kasubag, Kamis (08/06).

Sekretaris KPU Jombang, Hanif Purwanto menjelaskan bahwa ada banyak hal yang dibahas dalam Rapim di Sidoarjo bersama 38 KPU Kabupaten/Kota. Pertama, KPU harus ikut mendukung sosialisasi perekaman e-KTP melalui pemasangan spanduk, pencetakan brosur atau selebaran, dan edukasi di RPP.

“Selama ini KPU Jombang telah membantu sosialisasi perekaman e-KTP dengan pemasangan spanduk. Untuk kedepannya, KPU dapat melakukan edukasi melalui RPP ataupun pemberian informasi melalui brosur dan selebaran yang intinya menginformasikan agar masyarakat segera melakukan perekaman e-KTP,” kata Hanif.

Kedua, KPU sudah dapat melakukan penyusunan kelompok kerja (pokja) dengan mensimulasikan setiap pokja sehingga dapat diperoleh output dari masing-masing pokja yang dilakukan. Pesan lain yang tidak kalah pentingnya adalah terkait komentar di media massa. “Sebagai lembaga negara penyelenggara pemilu, KPU harus dapat menjalankan etika profesinya, harus bersifat netral dan tidak berkomentar di media sosial manapun terkait hal-hal yang menyangkut politik atau bahkan meniru slogan dari pasangan calon tertentu,” tambah Hanif menirukan pesan Gogot Cahyo Baskoro, Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat KPU Jatim.

Dalam rapim di Sidoarjo juga disampaikan bahwa peraturan terkait daerah pemilihan (dapil) dan alokasi kursi pada pemilu mendatang masih menunggu peraturan perundang-undangan lebih lanjut. (Anjar)

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *