Tim Perencana Anggaran Survey Harga Pasar

 

19047291_1690876884268921_2034788309_o

Jombang, kpu-jombangkab.go.id Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jombang melakukan survey harga untuk standarisasi kebutuhan belanja barang dan jasa Pilkada serentak 2018.  Kunjungan lapangan itu dilakukan tim survey sekretariat KPU Jombang, selama dua hari, Selasa (6/6) dan Rabu (7/6). Survey untuk mengetahui harga satuan barang dan jasa itu tidak hanya dilakukan di Jombang, tapi juga keluar kota, seperti  Mojokerto dan Kediri.

Ana Pratama, salah satu tim survey menjelaskan, rombongan mengunjungi beberapa tempat penyedia barang dan jasa, seperti percetakan, konveksi, tempat persewaan, elektronik dan sebagainya. “ Kita ingin mengetahui harga pasar untuk standarisasi harga. Survey kita lakukan agar tidak terjadi kekurangan atau kelebihan dalam menentukan harga satuan yang akan digunakan perencanan anggaran Pilkada,” kata Anna Pratama.

Ia menjelaskan, survey untuk suatu barang atau jasa tidak dilakukan di satu tempat, tapi di beberapa tempat sebagai pembanding harga dan kualitas. Misalnya jasa percetakan, tim survey tidak hanya melihat di salah satu lokasi percetakan, tapi juga mendatangi beberapa percetakan sejenis. Demikian juga untuk belanja barang dan jasa lainnya, tim survey juga mengunjungi beberapa tempat sejenis sebagai perbandingan.

“Semakin banyak penyedia barang dan jasa yang kita kunjungi, semakin banyak referensi yang kita dapatkan, sehingga akan mempermudah kita dalam membuat rencana anggaran untuk Pilkada. Prinsipnya, dalam perencanaan itu satuan harga barang kita sesuaikan dengan kondisi di pasar kekinian,” tandas Anna Pratama yang juga Pejabat Pengadaan Barang dan Jasa KPU Jombang.

Diungkapkan, dari hasil survey yang dilakukan itu pihaknya sudah mempunyai gambaran harga satuan barang dan jasa yang realistis sesuai kondisi nyata di lapangan atau pasar. Karena itu, dalam perencanaan belanja barang dan jasa nantinya, harga satuan yang dipatok juga sangat realitis. Hal ini sesuai dengan prinsip dalam pengelolaan keuangan yang digariskan pemerintah. (agus)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *