KPU Jombang Siap Laksanakan Tahapan Pemilukada Serentak 2018

19197530_1697084633648146_566708495_o

Mochammad Fatoni, Komisioner KPU Kabupaten Jombang Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat

  

Jombang, kpu-jombangkab.go.id- Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) secara resmi meluncurkan tahapan Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Serentak Tahun 2018 di 17 provinsi, 39 kota dan 115 kabupaten, Rabu (14/6) di ruang sidang utama kantor KPU RI, Menteng  Jakarta. Pada momen tersebut, Ketua KPU RI-Arief Budiman menekankan pentingnya menjaga integritas dan transparansi bagi penyelenggara pemilihan di daerah.

“Kami bertekad pemilu (pemilihan umum, red) ini menjadi lebih baik, oleh karenanya KPU selalu menekankan hal pokok yang harus dijalankan dan dijadikan pedoman bersama bagi penyelenggara pemilu di tingkat daerah. Yang pertama transparansi, kedua integritas,” tandas Arief.

Mochammad Fatoni, Komisioner KPU Kabupaten Jombang Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat menegaskan bahwa KPU Kabupaten Jombang jauh hari sudah melaksanakan berbagai persiapan-persiapan termasuk menggelar rapat pleno untuk menyusun sejumlah Keputusan KPU. Beberapa di antaranya terkait kegiatan Sosialisasi dan Seleksi Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS). Dengan diluncurkannya Tahapan Pemilukada Serentak 2108, KPU Kabupaten Jombang sudah siap melaksanakan seluruh tahapan yang ditetapkan oleh KPU RI.

“Ada beberapa perubahan kita sesuaikan dengan Peraturan KPU Nomor : 1 Tahun 2017 Tentang Tahapan Program dan Jadwal Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan atau Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2018 dan ini perlu pembahasan lagi terutama kegiatan sosialisasi karena sosialisasi menjadi jantung dari tinggi rendahnya tingkat partisipasi masyarakat dalam Pemilukada Serentak 2018,” ujar Fatoni.

Termasuk juga rencana kegiatan seleksi atau rekrutmen Anggota PPK dan PPS, Fatoni mengatakan bahwa pelaksanaan pada bulan Oktober-November 2017. Fatoni berharap bahwa makin banyak calon-calon Anggota PPK dan PPS yang berusia muda dan idealis sehingga mampu menjaga independensi dan integritas sebagai penyelenggara pemilu di tingkat bawah. (dyta)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *