Manfaatkan RPP Gusdur, KPU Gandeng Guru PPKN

IMG_1963

Fatkhurohman, Kepala UPT Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Cabang Jombang

kpu-jombangkab.go,id- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Jombang   mematangkan rencana penandatanganan kerjasama dengan UPTD (Unit Pelaksana Teknis Daerah) Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Timur Cabang Jombang. Nota kerjasama itu untuk para guru PPKN (Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan) SMA/SMK se Kabupaten Jombang.

Pembahasan rencana nota kerjasama itu dilakukan di kantor  Diknas Propinsi Jawa Timur Cabang Jombang  di Jl. Dr. Wahidin Soedirohoesodo No. 6 Jombang.  Fatkhurohman, selaku Kepala UPTD mewakili para guru dan Moch. Fatoni, Divisi SDM dan Parmas KPU Jombang dengan disaksikan, Sekretaris KPU, Hanif Purwanto, Deni Laksono, Kasubbag Teknis  dan Hupmas, Burhani Agus Sukmana dan Ana Pratama staf Sekretaiat, Rabu  (14/6).

Nota kerjasama itu rencananya untuk memfasilitasi para guru PPKN SMA/SMK di Jombang. Dalam kesepakatan awal ini, para guru bisa memanfaatkan Rumah Pintar Pemilu (RPP) Gusdur KPU Jombang sebagai sarana pembelajaran dan ruang praktek mata pelajaran PPKN. Khususnya yang berkaitan dengan pendidikan politik dan kepemiluan, sehingga anak didik tidak hanya mendapat teori di kelas tapi juga praktik seperti lazimnya kehidupan di masyarakat.

“Konsep kerjasama ini kita matangkan lagi nanti setelah lebaran. Sebab, sekarang ini mendekati liburan panjang sekolah dan penerimaan siswa didik baru. Syukur-syukur nanti bisa diperluas kerjasamanya, bagaimana KPU bisa mendampingi pemilihan OSIS di SMA/SMK, sehingga anak-anak mengerti pemilu,” tutur Fatkhurohman.

“Agar kerjasama ini tidak sekadar simbolis semata, saya akan mendorong rekan-rekan di Dinas maupun sekolah-sekolah  memanfatkan kersajama ini sebagai sarana pembelajaran, serta dimasukan dalam kurikulum  para siswa  pada pelajaran PPKN maupun Sejarah,” tambah mantan Kepala SMA Negeri 2 Jombang ini.

Moch. Fatoni, menyambut baik rencana kerjasama ini. Ia menjelaskan, sebetulnya banyak yang bisa dimanfaatkan dari RPP Gusdur untuk anak didik SMA/SMK. Seperti perkembangan sejarah demokrasi di Jombang, nasional maupun negara lain, termasuk bagaimana proses terpilihnya pemimpinan Jombang dan para wakil rakyat. Termasuk dinamika partai politik, khususnya di Jombang.

Dalam rangka penerapan serta pembelajaran demokrasi para siswa sekolah di wilayah kerja Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Timur Cabang Jombang, KPU Kabupaten  Jombang mempunyai RPP Gusdur.  “Silahkan Rumah Pintar Pemilu Gusdur ini dijadikan labolatorium untuk para guru PPKN dan anak-anak didik yang tengah belajar PPKN atau pelajaran sejarah,” kata Fatoni.

Dijelaskan juga, di RPP Gusdur ditampilkan materi pebelajaran demokrasi. Seperti ruang data, audio visual, untuk pameran, display alat peraga pemilu, market TPS atau biorama dengan berbagai informasi tentang sejarah atau peristiwa kepemiluan dan demokrasi di Indonesia. Selain itu, ada papan informasi, ruang simulasi, ruang diskusi, media center, dan  panggung demokrasi. Semua itu bisa dimanfaatkan para siswa dan guru PPKN.

“Kami sudah siapkan silabusnya dan KPU siap mendampingi siswa SMA/SMK untuk menyelenggarakan pemilihan Ketua OSIS. Kita akan buat pemilihan OSIS itu mirip dengan Pemilu, ada tahapan pilkada, seperti proses pemutakhiran data, pencalonan, debat kandidat, kampanye, hingga pemilihan. Kita siap mengintegrasikannya dalam mata pelajaran PKN. Ini sudah kami praktekkan  pada SMP Negeri 1  Tembelang Jombang, SMP Muhamadiyah Jombang dan MI Muhamadiyah Mojoagung Jombang,” tandas Moch Fatoni.

Hanif Purwanto,  Sekretaris KPU Kab Jombang mengatakan jika masyarakat dan juga para guru PPKN bisa datang langsung ke kantor KPU untuk mendapatkan informasi yang diinginkan. Selain itu, juga bisa memanfaatkan layanan informasi secara elektronik/digital dengan mengakses web KPU Kabupaten Jombang www.kpu-jombangkab.go.id atau datang langsung ke RPP Gusdur.  “Disitu banyak sekali data pemilu lengkap dari masa kemasa, Demi mendukung era keterbukaan informasi publik, semua data kepemiluan akan kami sediakan dan kami cukupi apabila diperlukan sesuai dengan peraturan yang berlaku,” tambahnya.(agus)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *