Kunjungi RPP Gusdur Untuk Baca Literatur

IMG_2627

Silvia dan Maylani membaca-baca buku di RPP Gusdur, Kamis 13/07/2017

kpu-jombangkab.go.id– Dua pelajar SMA Darul Ulum 3 Peterongan, Jombang kembali kunjungi RPP Gusdur, Kamis (13/07). Setelah kemarin mampir ke RPP Gusdur karena rasa penasarannya, kali ini mereka ingin mengisi waktu luang sepulang sekolah untuk membaca-baca literatur yang ada di RPP Gusdur.

Silvia Rachma dan Maylani Isbandriah, begitu nama kedua pelajar yang mengunjungi RPP Gusdur ini mampir karena ingin membaca buku demokrasi dan pemilu. Dengan antusias mereka mulai membaca buku “Perempuan Cerdas Berdemokrasi”.

Maylani yang membaca buku “Anak Muda Cerdas Berdemokrasi” penasaran apa yang dapat dilakukan anak muda yang baru pertama kali mengikuti pemilu dan bagaimana proses pemungutan suara saat pemilu.

Mochamad Fatoni, Komisioner Divisi SDM dan Parmas menjawab keingintahuan Maylani dengan penjelasan yang gamblang dan ringan. “Pada intinya pemilu untuk memilih wakil rakyat yang amanah dan bertanggungjawab. Bagaimana peran generasi muda? Salah satunya dengan menjadi pemilih cerdas. Pemilih cerdas itu yang seperti apa, ada yang tau?,” kata Fatoni seraya berusaha menggali seberapa dalam pemahaman kedua siswi tentang pemilu.

Setelah tidak ada jawaban dari keduanya, Fatoni kembali menjelaskan, “Menjadi pemilih cerdas berarti ikut aktif memastikan apakah dirinya sudah terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) atau belum, mengetahui kapan pemungutan suara berlangsung, mengetahui siapa calon yang ikut dalam pemilu dan yang pasti menggunakan hak pilihnya dengan benar dan penuh tanggungjawab,” ungkap Fatoni.

“Jadi peran aktif anak muda itu tidak harus menjadi penyelenggara pemilu tetapi dengan aktif mencari informasi tentang pelaksanaan pemilu dan calonnya juga sudah berperan aktif dalam demokrasi,” tambahnya.

Selanjutnya Fatoni mengajak Silvia dan Maylani untuk melihat-lihat kelengkapan TPS dan agar mengajak teman-temannya berkunjung ke RPP Gusdur yang nantinya bisa dilakukan simulasi pemungutan suara. (anjar)

 

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *