Kader Perindo Tantang KPU Diskusi Kepemiluan

IMG_2783

Diskusi kepemiluan antara Kader Partai Perindro dengan Moch. Fatoni, Komisioner KPU Kabupaten Jombang-Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat.

kpu-jombangkab.go.id- Semakin dekatnya penyelenggaraan Pemilu Legislatif sekaligus Pemilu Presiden Tahun 2019, para kader Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Jombang memanfaatkannya untuk berdiskusi dengan KPU Kabupaten Jombang terkait Pilkada Tahun 2018 dan Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden Tahun 2019. Diskusi kepemiluan tersebut berjalan santai sambil lesehan, dan dipandu langsung oleh Moch. Fatoni, Komisioner KPU Kabupaten Jombang-Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat.

“Terutama soal verifikasi parpol yang sudah semakin dekat waktunya, tentunya kami ingin mendapatkan masukan-masukan membangun untuk partai kami sehingga kami bisa mengikuti tahapan verifikasi parpol sesuai dengan peraturan yang berlaku,” tegas Drs. Achmad Tohari, Ketua DPD Partai Perindo Kabupaten Jombang, Jumat (14/7).

Pada kesempatan itu, para kader Partai Perindo juga tidak hanya mencari informasi tentang Pemilu Legislatif tapi juga belajar seluk beluk kepemiluan lainnya. Mereka sangat antusias menyimak tayangan film Sejarah Pemilu di Indonesia melalui layar LED di ruang audio visual Rumah Pintar Pemilu-Gubuk Sosialisasi Demokrasi Untuk Rakyat (RPP Gusdur). Film tersebut sangat detail menjelaskan tentang Pemilu 1955 sampai dengan tahun 1999, serta tayangan tata cara pencoblosan di Tempat Pemungutan Suara. Semua lengkap tersaji dalam dokumentasi yang sudah disiapkan oleh Subbag Teknis dan Hupmas Sekretariat KPU Kabupaten Jombang.

“Pada prinsipnya KPU Kabupaten Jombang sangat terbuka kepada siapa saja baik perorangan maupun kelompok mulai dari parpol sampai organisasi kemasyarakatan yang ingin diskusi atau belajar kepemiluan, kami siap membantu untuk menggelar diskusi bersama, karena sudah menjadi bagian dari tugas kami dan melaksanakan instruksi dari Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik Nomor 14 Tahun 2008,” papar Moch. Fatoni, yang juga mantan wartawan senior di Jawa Timur dan mantan Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Jombang.

Fatoni menambahkan, bahwa terkait Undang-Undang Pemilu termasuk persoalan ambang batas perolehan suara minimal partai politik dalam pemilu dan syarat-syarat verifikasi parpol, KPU menunggu disahkan secara resmi UU Pemilu terbaru. KPU Kabupaten Jombang akan melakukan sosialisasi terkait UU Pemilu tersebut. (dyta)

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *