Kader IPNU Serbu RPP Gusdur

 

ipnu 2

Rumah Pintar Pemilu-Gubuk Sosialisasi Demokrasi Untuk Rakyat (RPP Gusdur) kala ‘diserbu’ puluhan Kader PC IPNU-IPPNU (Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama-Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama) Jombang, Jumat (4/8)

 

IPNU

Rumah Pintar Pemilu-Gubuk Sosialisasi Demokrasi Untuk Rakyat (RPP Gusdur) kala ‘diserbu’ puluhan Kader PC IPNU-IPPNU (Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama-Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama) Jombang, Jumat (4/8)

kpu-jombangkab.go.id- Riuh rendah seperti suasana pasar malam, begitulah yang terjadi di Rumah Pintar Pemilu-Gubuk Sosialisasi Demokrasi Untuk Rakyat (RPP Gusdur) kala ‘diserbu’ puluhan Kader PC IPNU-IPPNU (Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama-Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama) Jombang, Jumat (4/8). Setiba di RPP Gusdur, beberapa dari mereka tak segan mencoba permainan lempar anak panah (dart) dan ular tangga pemilu yang tersedia di RPP Gusdur. Sebagian lagi memilih mengutak-atik puzzle beraneka logo.

Sudah menjadi rutinitas para Kader PC IPNU-IPPNU Jombang, bahwa setiap Jumat mereka mengadakan pertemuan rutin dengan tempat dan waktu fleksibel. Maka hari itu, anak-anak muda potensial Jombang yang merupakan mahasiswa dan pelajar, memilih beranjangsana di RPP Gusdur sembari menimba ilmu tentang seluk beluk pemilu.

“Kami ingin mengenal lebih dekat tentang KPU dan ingin tahu apa itu RPP sekaligus ingin belajar tentang kepemiluan apalagi yang akan datang adalah penyelenggaraan Pemilu Bupati di Jombang atau Pilkada Serentak tahun 2018,” ujar M.Abdul Haris, Ketua PC IPNU Jombang.

Haris mengatakan bahwa ia dan rekan-rekannya sudah sejak lama ingin sekali belajar kepemiluan langsung dari para penyelenggara pemilu di KPU Kabupaten Jombang. Apalagi sejak April lalu, RPP Gusdur telah berdiri dan diresmikan, bagi Haris adalah kesempatan emas yang tidak boleh disia-siakan. Tak heran saat berkunjung, Harus dan kawan-kawannya sesama Kader IPNU IPPNU menyasar semua penjuru RPP Gusdur. Dari teras hingga ruang audio visual.

Di ruang audio visual, mereka asyik menyimak tayangan rekaman video Sekolah Pemilu yang diselenggarakan KPU Kabupaten Jombang untuk mencetak kader-kader penyelenggara pemilu tingkat PPK-PPS- dan KPPS. Sesekali mereka melontarkan pertanyaan seputar Sekolah Pemilu yang ditayangkan lewat layar LED tersebut.

Komisioner KPU Divisi Sumber Daya Masyarakat dan Partisipasi Masyarakat, Drs Moch.Fatoni, mengapresiasi dan menyambut baik antusiasme para Kader PC IPNU-IPPNU Jombang yang penuh semangat ingin belajar pemilu melalui RPP Gusdur. Karena keberadaan RPP Gusdur adalah fasilitas yang disediakan oleh KPU untuk masyarakat semacam museum pemilu dengan segala seluk beluk kepemiluan mulai dari sejarah pemilu sampai dengan data hasil penghitungan suara yang bisa dimanfaatkan oleh seluruh lapisan masyarakat yang ingin tahu tentang pemilu.

“Harapan KPU bahwa RPP ini bisa menjadi wisata demokrasi bagi masyarakat yang care terhadap demokrasi dan pemilu serta para Kader IPNU dan IPPNU Jombang bisa ikut menggemakan demokrasi dan pemilu di Jombang pada khususnya. Jadi keberadaan RPP tidaklah sia-sia dan bukan menghamburkan anggaran negara tapi memang benar-benar ada manfaatnya bagi masyarakat luas,” tegas Fatoni yang juga mantan Ketua Panwaslu Jombang pada 2009 (dyta)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *