Bimtek Sirup Langkah Transparansi Pengadaan Pilkada 2018

IMG-20170831-WA0016

 

 

kpu-jombangkab.go.id Pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2018 sudah mulai memasuki tahapan. KPU Provinsi Jawa Timur yang membawahi 38 KPU Kabupaten/Kota mulai melakukan bimbingan teknis sebagai upaya menambah pengetahuan bagi KPU Kabupaten/Kota. Berkaitan dengan hal tersebut, KPU Provinsi Jawa Timur mengadakan Bimbingan Teknis (bimtek) Pengadaan Barang/Jasa Kebutuhan Logistik Pilkada Serentak 2018 Bagi PPK dan Pokja ULP se Jawa Timur, sebagaimana surat undangan KPU Provinsi Jawa Timur Nomor : 22/PP.12.UND/35/Ses.Prov/VIII/2017 tanggal 25 Agustus 2017.

 

Bimbingan teknis pengadaan barang/jasa kebutuhan logistik ini dihadiri oleh Kepala Biro Keuangan KPU RI, Nanang Priyatna bersama Tim LPSE KPU RI; Ketua KPU Provinsi Jawa Timur, Eko Sasmito; dan Plh.Sekretaris KPU Provinsi Jawa Timur, Achmad Sudjono. Bimtek dimulai tepat pukul 10.00 WIB dan berakhir pukul 13.30 WIB.

 

Hadir sebagai perwakilan dari KPU Kabupaten Jombang; Sekretaris, Hanif Purwanto; Kasubag Umum, Heri Subagyo; Ketua Pokja ULP KPU Kabupaten Jombang, Heru Purwanto dan Operator Sirup (Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan, Dina Triasmadji. Acara dibuka dengan sambutan dari Plh.Sekretaris KPU Provinsi Akhmad Sudjono. Pada kesempatan itu, Tim LPSE KPU RI menjelaskan bahwa aplikasi SIRUP dibuat sebagaimana amanah Peraturan Presiden Nomor 70 Tahun 2012 Tentang Perubahan Kedua atas Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2010 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

 

“Bimtek pengadaan barang/jasa yang diaplikasikan dalam Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (SIRUP) merupakan salah satu wujud keterbukaan infromasi dalam pengadaan dan merupakan monitoring terhadap seluruh tahapan proses pengadaan sehingga dapat mewujudkan pengadaan barang/jasa yang efektif transparan, dan akuntabel,” kata Jono sapaan akrab Plh.Sekretaris KPU Provinsi Jawa Timur ini.

 

Menurut Pandu, Anggota Tim LPSE KPU RI, SIRUP adalah aplikasi berbasis web yang berfungsi sebagai sarana untuk mengumumkan Rencana Umum Pengadaan (RUP). Dengan bimtek ini diharapkan akan dapat meningkatkan kualitas layanan pengadaan untuk profesionalitas dan kemandirian atas dasar kejujuran serta menjaga kerahasiaan dokumen pengadaan barang dan jasa untuk mencegah terjadinya penyimpangan di dalam pengadaan barang dan jasa. (anjar)

 

 

 

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *