KPU – Kesbangpol Koordinasi Dana Parpol

 

kpu-jombangkab.go.id  Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Jombang koordinasi dengan KPU terkait bantuan dana partai politik peserta pemilu 2014, Senin  (4/09). Bakesbangpol Jombang diwakili Agus Suprianto dan Misbhakul Munir diterima langsung Muhaimin Shofi, SE Ketua KPU Kabupaten Jombang di kantor KPU Kabupaten Jombang.

“Sebenarnya urusan dana parpol Bakesbangpol hanya sebatas melakukan verifikasi bahwa suatu partai berhak menerima dana parpol. Itu berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 77 Tahun 2014 tentang Pedoman Tata Cara Perhitungan, Penganggaran Dalam APBD dan Tertib Administrasi Pengajuan, Penyaluran dan Laporan Pertanggungjawaban Penggunaan bantuan Keuangan Partai Politik,  dalam rangka mempermudah tim verifikasi  dana partai politik dibentuk pokja dalam rangka penyusun supervisi, dan monitoring,” tandas Agus.

Menurut Muhaimin Shofi , sebetulnya KPU  sebagai penyelengara pemilu sudah mengeluarkan  Surat Keterangan Autentikasi perolehan suara dan kursi pada pemilu 2014 sebagai salah satu syarat administratif untuk memperolah dana bantuan keuangan Partai Politik Tahun Anggaran 2017. Hal itu sebagaimana diatur dalam Undang-undang Nomor 2 Tahun 2011 sehingga KPU Tidak tahu lagi berapa dana yang diterima parpol, tidak pernah kita tahu, karena uang bukan sama kita, diberikan berdasarkan kemampuan keuangan daerah melaui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol),”  Jelas Muhaimin. ( agus)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *