Wartawan Media Online Pertanyakan Data Pemilih

55dc170b-6e91-45a7-9f90-daf53dd1f2bb

Wartawan media online aktual.com mewawancarai Ketua KPU terkait pemutakhiran data pemilih untuk Pilkada Jombang Tahun 2018, Jumat (8/9),

 

kpu-jombangkab.go.id- Wartawan media online aktual.com mewawancarai Ketua KPU terkait pemutakhiran data pemilih untuk Pilkada Jombang Tahun 2018, Jumat (8/9), di kantor KPU. Kedua wartawan tersebut menanyakan seluk beluk tentang Data Pemilih di wilayah Kabupaten Jombang dan apa saja yang sudah dilakukan oleh KPU.

Muhaimin menjelaskan bahwa dalam melaksanakan pemutakhiran data pemilih dalam Pilkada 2018, KPU berpedoman kepada Peraturan KPU Nomor 2 Tahun 2017 Tentang Pemutakhiran Data dan Penyusunan Daftar Pemilih Dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Dan/Atau Walikota dan Wakil Walikota. PKPU itu menjelaskan bahwa Pemutakhiran Data Pemilih adalah kegiatan untuk memperbarui data pemilih berdasarkan Daftar Pemilih Tetap dari Pemilu atau Pemilihan Terakhir dan mempertimbangkan DP4 (Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan) dengan cara melakukan verifikasi faktual data Pemilih dan selanjutnya digunakan sebagai bahan penyusunan DPS. “DPS disusun berdasarkan DPT Pemilu terakhir yaitu DPT Pilpres 2014 dan penyusunan DPS dilaksanakan oleh KPU dengan dibantu PPK dan PPS tapi itu nanti setelah pembentukan badan adhoc,” ujar Muhaimin.

Selama ini, KPU sudah melaksanakan pemutakhiran data pemilih berkelanjutan sebagaimana diperintahkan oleh KPU RI. KPU RI juga telah membuka akses portal Sidalih (Sistem Informasi Data Pemilih) belum lama ini, untuk memudahkan KPU Kabupaten/Kota/KIP melakukan pencermatan data Pemilih.

“Sosialisasi terkait Data Pemilih sudah jauh hari dilakukan KPU dan itu merupakan kegiatan yang terus berlangsung baik itu melalui undangan dari pihak lain atau kegiatan yang dilaksanakan oleh KPU sendiri. Kami mengingatkan agar warga Kabupaten Jombang jangan sampai belum melakukan perekaman KTP elektronik agar tidak kehilangan hak pilih dalam Pilkada Jombang Tahun 2018 nanti,” imbuh Muhaimin. (dyta)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *