Demi Regenerasi Syarat PPK PPS Dibatasi

14cfe58f-52d2-4aa3-89df-d5d872c52fa0

Athoillah SH, dalam kegiatan Sosialisasi Pembentukan PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) dan PPS (Panitia Pemungutan Suara) Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur dan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Jombang Tahun 2018 di Kantor Kecamatan Bareng, Kamis (14/9)

 

kpu-jombangkab.go.id- Komisi Pemiliham umum (KPU) RI mengeluarkan Surat Edaran Nomor : 183/KPU/IV/2015 yang memperketat syarat penyelenggara di tingkat adhoc yang membatasi seseorang tidak bisa menjadi Anggota Badan Adhoc setelah masa dua periode Pemilu. Hal ini disampaikan Anggota KPU Kabupaten Jombang Divisi Hukum, Athoillah SH, dalam kegiatan Sosialisasi Pembentukan PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) dan PPS (Panitia Pemungutan Suara) Pemilihan  Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur dan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Jombang Tahun 2018 di Kantor Kecamatan Bareng, Kamis (14/9).

Athoillah menjelaskan bahwa tujuan dari pembatasan dua periode oleh PPK dan PPS bertujuan agar terjadi regenerasi penyelenggara Pemilihan di tingkat bawah baik dalam Pilkada 2018. Sosialisasi dihadiri oleh : Camat Bareng – Aminatur Rokhiyah SE MKP, Sekcam, Kepala Desa serta Ketua Badan Permusyaratan Desa (BPD) se-Kecamatan Bareng.

“Dua periode kepemiluan itu yang dimaksud adalah pernah menjabat PPK PPS dan/atau KPPS dalam jabatan yang sama yaitu periode pertama dimulai pada Pemilu Tahun 2005 sampai dengan 2009 dan periode kedua dimulai pada Tahun 2010 sampai dengan Tahun 2014,” tegas Alumnus Fakultas Hukum Universitas Brawijaya Malang itu.

Menjawab kekhawatiran banyak peserta sosialisasi dengan adanya kesulitan mencari Anggota PPK PPS dan KPPS baru dan kemampuan sumber daya manusia karena belum berpengalaman, Athoillah mengatakan bahwa persoalan itu membutuhkan kerjasama semua pihak berwenang untuk menyampaikan informasi seluas-luasnya kepada masyarakat. KPU juga akan menyebarkan informasi seluasnya pada seluruh lapisan masyarakat termasuk menyebarkan pengumuman di sarana-sarana publik yang mudah dijangkau masyarakat. (dina)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *