KPU Jaring Kader Muda Calon PPK PPS dan KPPS

 

2982dee8-f9a2-4cb9-8c08-1e16bc333c51

Sosialisasi Pembentukan PPK dan PPS Pemilu Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur Dan Pemilu Bupati dan Wakil Bupati Jombang Tahun 2018, di kantor Kecamatan Jombang, Jumat (15/9).

 

kpu-jombangkab.go.id– Terbitnya edaran KPU RI nomor : 183/KPU/IV/2015, perihal : Penjelasan Anggota PPK, PPS, dan KPPS Belum Pernah Menjabat dua kali, bertujuan memberikan kesempatan kepada kader-kader muda untuk menjadi Penyelenggara Pemilu di tingkat kecamatan dan desa. Hal ini ditegaskan oleh Mochammad Fatoni, Komisioner KPU Divisi Sumber Daya Manusia dan Partisipasi Masyarakat (SDM Parmas), di depan peserta Sosialisasi Pembentukan PPK dan PPS Pemilu Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur Dan Pemilu Bupati dan Wakil Bupati Jombang Tahun 2018, di kantor Kecamatan Jombang, Jumat (15/9). Hari itu, KPU juga mengadakan sosialisasi serupa di kantor Kecamatan Wonosalam, Peterongan, dan Plandaan.

Fatoni menjelaskan pengertian dari edaran KPU tersebut, bahwa yang dimaksud dua kali masa jabatan adalah Anggota PPK, PPS, dan KPPS yang sudah pernah menjabat dua peridoe kepemiluan pada jabatan yang sama dalam Pilgub, Pilbup, Pilwali, Pileg, dan Pilpres. Periode Pertama dimulai pada tahun 2005 sampai dengan tahun 2009, sedangkan Periode Kedua dimulai pada tahun 2010 sampai dengan tahun 2014.

“Namun apabila misalnya si A pada periode pertama menjadi anggota KPPS kemudian pada periode kedua sebagai anggota PPS, maka jabatan tersebut masing-masing terhitung satu kali masa jabatan. Si A pada pemilu berikutnya masih bisa menjadi anggota PPS lagi dan pemilu berikutnya lagi, bisa menjadi anggota KPPS atau naik menjadi PPK,” jelas Fatoni.

Dengan adanya peraturan tersebut, KPU secara umum mengharapkan terjadi kaderisasi penyelenggara pemilu terutama para generasi muda atau mereka yang berusia di bawah 40 tahun untuk berperan aktif menjadi penyelenggara pemilu. KPU juga berharap para pembuat kebijakan untuk berperan aktif menyosialisasikan ini lebih luas sehingga makin banyak terjaring kader-kader muda dengan usia minimal 25 tahun untuk bisa menjadi Anggota PPK PPS dan KPPS.

Fatoni menambahkan bahwa KPU Kabupaten Jombang akan membuka pengumuman Seleksi PPK pada 12 Oktober 2017 yang akan diumumkan melalui website resmi : www.kpu-jombangkab.go.id dan pengumuman tertulis di seluruh kantor kecamatan Kabupaten Jombang. KPU juga akan giat menyebarkan pengumuman di media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Twitter yang dikelola oleh Hupmas KPU Kabupaten Jombang. (dyta)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *