ASN Tidak Dilarang Menjadi Anggota PPK PPS dan KPPS

 


6f8cdd19-84d2-47f8-b2a5-64c8bee3be06

 

kpu-jombangkab.go.id- Apakah Aparatur Sipil Negara (ASN) bisa menjadi anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS)? Seperti itulah pertanyaan yang banyak diajukan oleh para peserta Sosialisasi Pembentukan PPK dan PPS Dalam Pemilu Gubernur-Wakil Gubernur Jawa Timur dan Pemilu Bupati-Wakil Bupati Jombang Tahun 2018, yang diselenggarakan oleh KPU Kabupaten Jombang di kantor kecamatan se-Kabupaten Jombang, selama 13 September 2017 sampai dengan 20 September 2017.

Komisioner KPU Kabupaten Jombang Divisi Sumber Daya Manusia dan Partisipasi Masyarakat (SDM Parmas), Mochamad Fatoni, menjelaskan bahwa tidak ada peraturan yang melarang Aparatur Sipil Negara menjadi Anggota PPK PPS maupun KPPS. Namun ia mengingatkan untuk berhati-hati mengusulkan ASN terutama Guru bersertifikasi menjadi Anggota PPK PPS dan KPPS.

“Para guru bersertifikasi juga tidak ada larangan untuk menjadi Anggota PPK PPS dan KPPS, tapi perlu diingat bahwa pekerjaan itu membawa konsekuensi yaitu waktu yang kadang di luar jadwal tetap. Misalnya: harus mengikuti rapat koordinasi di KPU sewaktu-waktu atau harus mengikuti rapat dengan pemangku kepentingan di wilayah tersebut yang tidak terjadwal,” ujar Fatoni, yang juga mantan Anggota Panwaslu Kabupaten Jombang Tahun 2008, di depan Kepala Desa dan Ketua BPD se-Kecamatan Bandar Kedungmulyo, Rabu (20/9), pukul 10.00 BBWI.

Khususnya kepada guru bersertifikasi, Fatoni mengingatkan dalam hal pembagian waktu. Karena guru bersertifikasi memiliki tuntutan jumlah jam mengajar, sedangkan kegiatan PPK dan PPS, seringkali tidak tentu. Dalam hal ini, guru bersertifikasi perlu berkonsultasi dengan Kepala Sekolahnya. Aparatur Sipil Negara lainnya juga perlu berkonsultasi dengan pimpinan kantor masing-masing.

Fatoni menambahkan bahwa idealnya keanggotaan PPK PPS dan KPPS perlu regenerasi dan diamanahkan kepada mereka yang tidak terikat jam bekerja kantor sehingga mereka bisa maksimal bekerja penuh waktu. Selain di Bandar Kedungmulyo, pada hari yang sama, KPU juga menggelar sosialisasi yang sama di kantor Kecamatan Ngoro, Gudo, dan Ngusikan. (dyta)

 

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *