Kenalkan Pemilu Pada Maba Unipdu

e8c5db2f-12ae-40b4-8c77-866ea5cc8cf6

Mochamad Fatoni, Anggota KPU, di hadapan seluruh Mahasiswa Baru Universitas Pesantren Tinggi Darul ‘Ulum (Unipdu) Jombang, Rabu (20/9)

 

kpu-jombangkab.go.id- Mahasiswa harus menjadi Pemilih Pemilu yang cerdas dan berkualitas. Begitu yang digaungkan oleh Mochamad Fatoni, Anggota KPU, di hadapan seluruh Mahasiswa Baru Universitas Pesantren Tinggi Darul ‘Ulum (Unipdu) Jombang, Rabu (20/9). Sekitar lima ratus lebih Maba Unipdu Angkatan 2017, menyimak dengan sungguh-sungguh materi Pengenalan Pemilu dalam rangkaian kegiatan Orientasi Studi dan Cinta Almamater (OSCA) 2017 Unipdu.

Pemilih yang cerdas adalah Pemilih yang berkriteria antara lain : mencari tahu apakah dirinya sudah terdaftar sebagai Pemilih, mengetahui kapan pelaksanaan Pemilihan/Pemilu, mengetahui lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS) di mana dirinya akan menggunakan hak suaranya, mengetahui siapa Calon/Partai Politik yang akan dipilih, dan menolak politik uang. Kriteria itu perlu dimiliki oleh semua Mahasiswa Unipdu karena seorang Mahasiswa adalah pemberi teladan kepada masyarakat.

“Mahasiswa harus tahu apa itu Pemilu baik itu Pemilu Lokal dan Pemilu Nasional. Karena Mahasiswa juga menjadi Agen Sosialisasi Pemilu dan Demokrasi pada masyarakat luas. “Mahasiswa harus bisa menjelaskan apa itu Pemilu dan apa itu demokrasi kepada masyarakat luas karena Mahasiswa juga memiliki tanggung jawab edukasi,” tegas Fatoni.

Kabupaten Jombang termasuk wilayah yang mengikuti Pilkada Serentak Tahun 2018 yaitu Pemilu Gubernur-Wakil Gubernur Jawa Timur dan Pemilu Bupati-Wakil Bupati Jombang pada 27 Juni 2018. Karena itu, Fatoni mengharap agar seluruh Maba Unipdu mengetahui banyak akan informasi Pilkada Serentaj 2018 dan menyampaikannya kepada masyarakat di sekitar wilayah tinggal. (dyta)

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *