KPU Ikuti Pelatihan Sipol Pemilu 2019  

 

cd84118e-5ce2-4424-a442-7d83a50b74e3

kpu-jombangkab.go.id- Komisioner Divisi Hukum, Athoillah, dan Staf Subbag Hukum, Dina Triasmadji, mengikuti Pelatihan Aplikasi Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) Tipe Pengguna KPU kepada KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota untuk Regional Lombok, Minggu (24/9). Pelatihan tersebut dijadwalkan berlangsung selama tiga hari mulai 24-26 September 2017 di Hotel Lombok Raya yang terkait dengan pelaksanaan tahapan pendaftaran dan verifikasi partai politik (parpol) peserta Pemilu Tahun 2019 mendatang.

Anggota KPU RI, Wahyu Setiawan yang membuka acara tersebut menjelaskan bahwa terdapat 2 (dua) tujuan utama, yakni membangun persepsi tunggal mengenai mekanisme kegiatan pendaftaran dan verifikasi parpol, serta meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia KPU dalam pelaksanaan pendaftaran dan verifikasi parpol calon peserta Pemilu 2019. “Jadi nantinya KPU dan seluruh Satuan Kerja di daerah benar-benar siap dalam pelaksanaan kegiatan verifikasi parpol ini,” tegas Wahyu.

Pada kegiatan yang dihadiri oleh Anggota KPU Divisi Hukum dan Operator Sipol di 11 KPU provinsi dan 186 KPU kabupaten/kota ini, Wahyu mengingatkan kembali bahwa KPU memiliki tugas pokok dan fungsi untuk melayani rakyat menggunakan hak pilihnya dalam pemilihan maupun pemilu. Maka dari itu ia berpesan agar KPU di setiap tingkatan agar bersikap adil dan menjaga integritas sebagai Penyelenggara Pemilu yang imparsial. Tahapan pendaftaran dan verifikasi Parpol merupakan momen di mana jati diri KPU sebagai lembaga Penyelenggara Pemilu yang profesional akan diuji.

Anggota KPU RI, Hasyim As’yari mengarahkan para peserta pelatihan untuk bekerja berdasarkan ketaatan azas regulasi dan standard operation procedure (SOP) yang berlaku. Dengan begitu pelaksanaan pendaftaran dan verifikasi calon parpol peserta Pemilu 2019 dapat berlangsung transparan dan akuntabel.

Hasyim berharap dengan mengikuti pelatihan tersebut, masing-masing peserta menghasilkan Operator Sipol yang terampil, dan dapat membagikan ilmu/pengalamannya kepada rekan di masing-masing satuan kerja, sehingga pelayanan terhadap parpol dapat berjalan lancar dan baik. (dyta)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *