Divisi Hukum Paparkan Hasil Pelatihan Aplikasi Sipol

 32530fd1-dd94-4759-aef7-9e929d23bdc1

kpu-jombangkab.go.id- Divisi Hukum memaparkan hasil Pelatihan Aplikasi Sistem Informasi Partai Politik (Aplikasi SIpol) yang diselenggarakan di Mataram beberapa waktu lalu. Komisioner Divisi Hukum, Athoillah, menjelaskan bahwa saat pelatihan antara Divisi Hukum dan Subbag Hukum, terbagi menjadi dua kelas. Secara garis besar materi pelatihan adalah menjelaskan secara lengkap teknis tata cara pendaftaran, verifikasi, dan penetapan partai politik peserta Pemilu 2019.

“Poin-poin penting yang perlu menjadi pedoman bagi Penyelenggara Pemilu antara lain : memberikan pelayanan yang setara kepada semua peserta pemilu, menjunjung tinggi transparansi, dan ketika penyerahan berkas untuk verifikasi faktual dari partai politik apabila belum lengkap, KPU tidak boleh menyimpan sementara tapi langsung dikembalikan kepada partai politik untuk dilengkapi,” tegas Athoillah, kepada peserta Rapat Pemaparan yaitu : Seluruh Komisioner, Sekretaris, dan Kasubag, Rabu (27/9).

Pada pelatihan Aplikasi Sipol di Mataram, Anggota KPU RI, Hasyim As’yari mengarahkan para peserta pelatihan untuk bekerja berdasarkan ketaatan azas regulasi dan standard operation procedure (SOP) yang berlaku. Dengan begitu pelaksanaan pendaftaran dan verifikasi calon parpol peserta Pemilu 2019 dapat berlangsung transparan dan akuntabel.

KPU juga akan mengundang Partai Politik pada Sabtu (30/9), untuk menjelaskan tata cara pendaftaran dan verifikasi untuk Pemilu 2019. Hal ini terkait dengan terbitnya Peraturan KPU Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilu Tahun 2019, yang dimulai awal Oktober yaitu Tahapan Pendaftaran Partai Politik dan Penyerahan Syarat Pendaftaran serta Penerimaan Kelengkapan Dokumen Persyaratan. (dyta)

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *