Bimtek Pembentukan Badan Ad Hoc untuk Menyamakan Persepsi

c3686673-56f5-4fc1-b06f-49228cd62004

Komisioner Divisi Sumber Daya Manusia dan Partisipasi Masyarakat (SDM Parmas), Mochammad Fatoni,

 

Kpu-jombangkab.go.id- Komisioner Divisi Sumber Daya Manusia dan Partisipasi Masyarakat (SDM Parmas), Mochammad Fatoni, dan Staf Sekretariat yang mewakili Kasubbag Umum Keuangan dan Logistik, Fitri Maharani, mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek)  Pembentukan Badan Ad Hoc Pilkada Serentak 2018, di Sarangan-Magetan, Senin (9/10) sampai dengan Selasa (10/10). Bimtek diselenggarakan oleh KPU Provinsi Jawa Timur yang diikuti oleh Ketua Divisi SDM Parmas dan Sekretaris/Kasubag yang membidangi dari 38 Kabupaten/Kota se-Jawa Timur.

Komisioner KPU Provinsi Jawa Timur, Gogot Cahyo Baskoro, menjelaskan bahwa bimtek dilaksanakan untuk menyamakan persepsi antara KPU Provinsi Jawa Timur dan KPU Kabupaten/Kota terkait sejumlah peraturan tentang Badan Ad Hoc. Peraturan tersebut antara lain : Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 (Jumlah Keanggotaan PPK), Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 terkait persyaratan Calon Anggota PPK, dan Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2015 yang diubah dengan Peraturan KPU Nomor 12 Tahun 2017 terkait batasan usia minimal Calon Anggota Badan Ad Hoc.

“Karena ini adalah Pilkada Serentak, maka idealnya setiap tahapan kegiatan juga serentak. Prinsip dari kegiatan pembentukan badan Ad Hoc (PPK dan PPS) harus mengikuti prosedur : pengumuman, pendaftaran, penelitian administratif, seleksi tulis, seleksi wawancara, penetapan dan pelantikan,” tegas Gogot, yang membidangi Divisi SDM Parmas, seraya menjelaskan secara prinsip bahwa pendaftaran Calon Anggota Badan Ad Hoc, yaitu PPK dan PPS bersifat terbuka.

Gogot meminta kepada KPU Kabupaten/Kota untuk terus memperbarui informasi yang diberikan melalui website resmi setiap Satker KPU dan mengaktifkan akun media sosial. Pusat informasi dan pendaftaran ada di KPU Kabupaten/Kota. (dyta)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *