Tak Sesuai SIPOL, KPU Kembalikan Berkas PDIP

IMG-20171013-WA0043

Kpu-jombangkab.go.id- Menyusul Partai Berkarya, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menyerahkan berkas keanggotaan (salinan KTP el dan KTA) sebagai syarat pendaftaran Parpol Calon Peserta Pemilu Tahun 2019, Rabu (11/10), sekitar pukul 14.45 WIB. Kedatangan rombongan PDIP Jombang diterima oleh Komisioner KPU, Abdul Wadud Burhan Abadi, Kasubag Hukum, Achmad Saifuddin, di gedung pertemuan Husni Kamil Manik.
Data keanggotaan PDIP yang terinput di dalam aplikasi SIPOL (Sistem Informasi Partai Politik) sebanyak 1.802 orang. Pada hari itu, PDIP baru menyerahkan KTA sebanyak 60 lembar dan KTP El sebanyak 165 lembar. Salinan KTA dan KTP El tersebut kemudian dihitung oleh petugas penerima berkas pendaftaran dengan data yang ada di SIPOL, kemudian diberikan lembar konfirmasi jumlah data yang diserahkan.
“Karena jumlahnya kurang dari yang terinput di SIPOL maka KPU mengembalikan semua berkas yang hari ini diserahkan untuk diperbaiki dan kami menyarankan agar berkas ditata rapi dan urut sesuai dengan data yang ada di SIPOL. Tujuannya adalah untuk mempercepat proses penghitungan oleh petugas sekaligus mempermudah proses verifikasi faktual nantinya,” tegas Abdul Wadud Burhan Abadi, atau biasa disapa Burhan, Mantan Anggota Panwaslu (Panitia Pengawas Pemilu) Kabupaten Jombang periode 2012 lalu.
Penghubung dari PDIP, M.Soleh, menerima berkas keanggotaan yang kurang dan segera menindaklanjuti saran dari KPU untuk memperbaiki penataan dan data keanggotaan yang kurang. “Masih ada waktu sampai dengan Senin (16/10) untuk melengkapi kekurangan berkas keanggotaan,” kata Soleh. (dyta)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *