KPU- Pemkab Optimalkan Peran Kades Dalam Sukses Pilkada 2018

received_1826614087361866

kpu-jombangkab.go.id – KPU Jombang memberikan materi pada acara rapat koordinasi Penguatan Peran Kepala Desa/Lurah dalam meningkatkan partisipasi masyarakat pada Pilkada 2018. Rakor yang di gelar di Pendopo Kabupaten Jombang, diikuti 411 Peserta yaitu SKPD, Camat, dan Kepala Desa (Kades) se Kabupaten Jombang ,Senin ( 23/10)
Hadir dalam Rakor tersebut yakni Nyono Suherli Wihandoko Bupati Jombang, Purwanto Asisten I, AKP Marwanto mewakili Polres Jombang, Nur Ali Mewakili kajari Jombang dan Moh Fatoni dari KPU Jombang. Acara di moderator Senin Plt Kabag Pemerintahan.
Drs. Purwanto, Asisten Bidang Pemerintahan Dan Kesra Setdakab Jombang saat memberikan paparan mengatakan tujuan Rakor ini adalah untuk mensukseskan pelaksanaan pilkada pada tahun 2018 mendatang melalui peran yang optimal dari para kepala desa.
Peran kades, kata Purwanto sangat penting dalam mensukseskan Pilkada. Ia menyebut, Kades selalu menjadi garda depan, kades terlibat mulai pendataan hingga penetapan daftar pemilih tetap (DPT).”Inilah penting nya sosialisasi ini, jadi para kades harus tau tugas tugas nya dalam mensukseskan pilkada mendatang,” tandasnya.
Sementara Bupati Jombang Nyono Suharli Wihandoko yang membuka rakor tersebut berharap pada Pilkada mendatang jumlah partisipasi masyarakat dapat ditingkatkan. Tiap penyelenggaraan Pemilu, kata Bupati, Komisi Pemilihan Umum (KPU) selalu melakukan evaluasi. Dari evaluasi tersebut, imbuhnya pada Pilkada tahun 2008, Lanjutnya jumlah pastisipan mencapai 70,6%. Pada pilkada tajun 2013 partisipan turun menjadi 70,2%. “ini yang menjadi tanggung jawab kita bersama untuk mensukseskan Pilkada tahun depan. Tak hanya sukses partisipan juga harus meningkat minimal 75-80% partisipan,” ujarnya saat membuka Rapat Koordinasi dengan Camat dan Kades se-kabupaten Jombang
Komisioner KPU Jombang Moch Fatoni dalam paparanya menyatakan, acara Rakor ini sangat penting bagi KPU. Serta menjelaskan point-point penting tahapan Pilkada 2018, Khususnya, persyaratan pencalonan, kampanye, serta sosialisasi Pilkada,” KPU sudah melaksanakan perekrutan anggota PPK dan PPS, kami meminta kepada para Camat dan Kades untuk membantu KPU dalam membantu sekretarianya, dan KPU Jombang Mengapresiasai para Camat dan Kades dalam membantu melaksanakan rekrutmen anggota PPK dan PPS,” ujar Fatoni
Dari Polres mengharapkan KPU tetap menjaga netralitas dan independensi. Selain itu kepada para Camat dan Kepala Desa, sesuai dengan amanah undang-undang berkewajiban untuk membantu KPU dalam penyelenggaraan Pilkada, “ Pihak Polres Jombang sudah Mulai memetakan tahapan pilkada serentak 2018 , “ Ujar AKP Marwanto.
Dengan Rapat Koordinasi tersebut dapat memantapkan pengeratahuan dan pemahaman para camat, lurah dan kepala desa terkait penyelenggaraan pemilukada serentak yang akan digelar pada 27 Juni 2018 mendatang.(agus)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *