KPU Lakukan Verifikasi Administrasi Data Keanggotaan Parpol

KPU Lakukan Verifikasi Administrasi Data Keanggotaan ParpolIMG-20171030-WA0027Kpu-jombangkab.go.id- Setelah tahapan pendaftaran parpol (partai politik) dan penyerahan syarat pendaftaran oleh parpol kepada KPU mulai 3 Oktober sampai dengan 16 Oktober ditambah 17 Oktober 2017, sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Tahapan Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilu Tahun 2019, maka tahapan selanjutnya adalah penelitian administrasi oleh KPU Kabupaten/Kota. Berkas keanggotaan berupa salinan KTP dan KTA keanggotaan parpol yang diserahkan kepada KPU, dicocokkan dengan daftar nama dan alamat yang terdapat pada aplikasi SIPOL (Sistem Informasi Partai Politik).
Komisioner Divisi Hukum, yang membawahi tahapan pendaftaran parpol, Athoillah SH, menjelaskan bahwa tahapan penelitian administrasi berlangsung pada 17 Oktober sampai dengan 15 November 2017. Karena turunnya SE KPU RI Nomor : 585/PL.01.1-SD/03/KPU/X/2017, Tanggal 16 Oktober 2017, Perihal : Pendaftaran Akhir Parpol Peserta Pemilu, bahwa parpol diberikan tambahan waktu 1×24 jam untuk melengkapi kekurangan berkas salinan KTP dan KTA-nya, maka tahapan penelitian administrasi baru dilaksanakan mulai Rabu (18/10).
“Para petugas verifikasi administrasi meneliti kesesuaian antara daftar nama dan alamat anggota parpol yang sudah diinput oleh parpol masing-masing dalam aplikasi SIPOL dengan hard copy atau salinan KTA dan KTP yang diserahkan oleh parpol kepada KPU di tingkat kabupaten/kota. Kami sedang merekapitulasi data yang tidak sesuai termasuk data keanggotaan yang ganda internal (data ganda pada berkas parpol itu sendiri) dan eksternal (data keanggotaan ganda dengan parpol lain) dan melakukan evaluasi ulang,” papar Athoillah, Kamis (26/10).
Tahapan selanjutnya adalah penyampaian hasil penelitian administrasi kepada parpol pada 16-17 November 2017. Kemudian parpol harus melakukan perbaikan dari hasil penelitian hasil administrasi tersebut 18 November – 1 Desember 2017. (dyta)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *