KPU Gelar Seleksi Tertulis PPS

 

IMG-20171101-WA0006

Jipkpu-jombangkab.go.id- KPU menyelenggarakan seleksi tertulis bagi Calon Anggota PPS (Panitia Pemungutan Suara), Senin (30/10), di Gedung Olahraga Jalan KH Abdurrahman Wahid, pukul 08.00 WIB. Sebanyak 1.949 orang yang berhasil lolos seleksi administrasi pada 22-24 Oktober 2017 lalu, mengikuti seleksi tulis dan harus berhadapan dengan 25 soal pilihan ganda dengan waktu mengerjakan hanya 45 menit.
Para peserta seleksi yang diwajibkan mengenakan pakaian atasan putih dan bawahan gelap tersebut, berasal dari 306 desa se-Kabupaten Jombang. Sebagian besar dari mereka adalah wajah-wajah baru atau yang belum pernah menjabat sebagai PPS pada periode Pemilihan sebelumnya.
“Sesuai dengan target, KPU berharap muncul kader-kader baru penyelenggara pemilu di tingkat desa yang berusia di bawah 30 tahun dan ternyata para Kepala Desa membantu KPU untuk mencari para kader muda sebagai Calon PPS untuk Pemilihan 2018,” ujar Komisioner KPU Divisi SDM dan Parmas, Mochammad Fatoni.
Tahap selanjutnya, KPU mengadakan pemeriksaan hasil seleksi tertulis Calon PPK Selasa (31/10) sampai dengan Rabu (1/11). Pengumuman seleksi tertulis PPS diumumkan pada Kamis (2/11), melalui website resmi : www.kpu-jombangkab.go.id dan disebarkan di kantor kecamatan se-Kabupaten Jombang.
Sebelum pelaksanaan tes wawancara pada Minggu (5/11) sampai Kamis (9/11), KPU menerima tanggapan masyarakat terhadap Calon PPK tersebut, mulai Rabu (25/10) sampai dengan Sabtu (4/11). Apabila diketahui ada Calon PPK yang berhasil lolos seleksi tertulis ternyata tidak memenuhi persyaratan misalnya : menjadi anggota partai politik, menjadi anggota organisasi yang dilarang Pemerintah, atau pernah menjadi narapidana dengan hukuman lebih dari lima tahun penjara, serta pernah menjabat sebagai penyelenggara pemilu dalam jabatan yang sama selama dua periode kepemiluan, masyarakat bisa menyampaikan keberatannya kepada KPU secara tertulis beserta bukti-bukti pendukung. (dyta)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *