KPU Bentuk Tim Verifikasi Faktual

IMG-20171103-WA0070

KPU membentuk Tim Verifikasi Faktual dalam tahapan penelitian administrasi keanggotaan parpol yang melibatkan seluruh personel KPU untuk melakukan verifikasi ulang keanggotaan ganda anggota parpol dan tidak terpenuhinya persyaratan keanggotaan seseorang dalam parpol. Tim Verifikasi Faktual terjun langsung ke seluruh wilayah kecamatan se-Kabupaten Jombang, mulai Rabu (1/11) sampai dengan Minggu (12/11).
Ada 15 tim yang terdiri dari 2-4 orang yang menyebar ke 21 kecamatan di Jombang. Setiap tim memverifikasi 10-150 orang anggota parpol yang dianggap belum memenuhi persyaratan keanggotaan antara lain : keanggotaan ganda dengan parpol lain, berprofesi sebagai PNS, usia belum 17 tahun dan belum menikah.
“Verifikasi faktual ini adalah kelanjutan kegiatan pencocokan administrasi berkas keanggotaan yang diserahkan parpol pada saat pendaftaran. Daftar nama anggota parpol yang diinput di aplikasi SIPOL (Sistem Informasi Partai Politik) dicocokkan dengan salinan (fotocopy) KTP dan KTA dari parpol, dan jika tidak memenuhi kriteria maka data anggota itulah yang diverifikasi KPU secara langsung,” jelas Athoillah, Komisioner KPU Divisi Hukum yang mengomandani tahapan pendaftaran dan verifikasi parpol, Rabu (1/11).
Petugas verifikasi faktual KPU yang terjun ke lapangan dibekali dengan tanda pengenal dan surat tugas resmi. Kemudian petugas menanyakan KTP elektronik/surat keterangan dan KTA warga yang menjadi anggota parpol tapi termasuk dalam kriteria belum memenuhi syarat keanggotaan.
Warga berhak menyatakan dirinya : sebagai anggota parpol tertentu atau tidak memilih parpol tertentu, dan atau membiarkan dirinya menjadi anggota ganda dari dua parpol yang berbeda. Petugas KPU mendata apa adanya sesuai keterangan yang diberikan oleh orang tersebut dan mereka diminta mengisi formulir : lampiran 2 model BA.ADM.KPU.KAB/KOTA-PARPOL yaitu Surat Pernyataan Anggota Partai Politik Calon Peserta Pemilu Terhadap Dugaan Potensi Kegandaan Lebih Dari Satu Partai Politik. Warga yang menolak keanggotaan parpol bisa mengisi formulir Lampiran 4 Model BA.FK.KPU.KAB/KOTA-PARPOL yaitu Surat Pernyataan Tidak Mendukung Partai Politik Calon Peserta Pemilu. (dyta)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *