Pengalaman Unik Petugas Verifikasi Faktual KPU

IMG-20171105-WA0040


Kpu-jombangkab.go.id- Terjun ke lapangan untuk melaksanakan tugas verifikasi faktual parpol ternyata banyak membawa pengalaman unik tersendiri bagi para petugas verifikasi faktual KPU. Cerita-cerita unik, lucu, dan mengharukan meluncur dari bibir mereka, ketika sampai di kantor.
Dwi Wulandari, Anggota Tim 1 dengan wilayah operasi Kecamatan Gudo misalnya, secara tak sengaja bertemu teman SMA-nya. Teman SMA yang seorang ibu rumahtangga berdomisili di Desa Godong ini, adalah anggota parpol namun status keanggotaan ganda. Akhirnya terjadilah reuni dadakan sekaligus melaksanakan tugas verifikasi faktual. “Karena teman sekolah ya verifikasinya sebentar tapi ngobrolnya yang lama,” ujar Wulan, sapaannya, Kamis (2/11).
Salah satu tenaga pendukung KPU, Bagus Setiawan, yang menjadi Anggota Tim 3 di wilayah operasi Kecamatan Ngusikan dan Kabuh, sangat merasakan sekali beratnya medan yang harus ditempuh. Melintasi tengah hutan, masuk ke pelosok desa, dan melalui jalanan desa yang terjal penuh bebatuan dengan motor CB-nya, ia tempuh dengan semangat. Meski medan berat, tapi sambutan warga di Desa Mangunan, Pengampon, dan Sumberaji sangatlah ramah.
Kejadian yang mereka hadapi tidaklah selalu menyenangkan. Ada juga kejadian tidak mengenakkan seperti yang dialami Yuli Bariroh, yang oleh warga disangka seorang debt collector oleh warga di Kecamatan Peterongan. Tambah lagi, medan jalan yang terjal karena kondisi jalan rusak harus dihadapi oleh Yuli, Dina, dan Gigik, yang menjadi satu tim.
“Ada warga yang mengaku tidak tahu menahu dirinya tercatat sebagai Anggota parpol dan ada juga yang malah menyuruh saya memilihkan parpol mana karena dirinya tercatat dalam dua keanggotaan. Petugas verifikasi faktual KPU tidak boleh sekalipun mengarahkan warga untuk memilih meski diminta oleh warga, karena prinsip kerja kami adalah memverifikasi apa adanya terhadap identitas warga yang menjadi Anggota parpol,” papar Yuli, yang bergabung sebagai Tenaga Pendukung KPU di Sub Bagian Hukum. (dyta)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *