Teknis Hupmas Siapkan Helpdesk Pencalonan

 

 

Kpu-jombangkab.go.id-  Tim Teknis dan Hupmas (Hubungan Partisipasi Masyarakat) KPU melakukan rapat koordinasi seluruh Tim Teknis dan Hupmas terkait pelaksanaan tahapan pencalonan, Senin (6/11), pukul 19.00 WIB, di ruang rapat KPU. Tahapan pencalonan perseorangan sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 1 Tahun 2017 Tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Dan/Atau Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2018 yang dimulai dengan pengumuman syarat minimal dukungan pada 9-22 November 2017.

Komisioner KPU Divisi Teknis, Dja’far, menjelaskan bahwa rapat koordinasi internal ini terkait persiapan pembentukan Tim Helpdesk Pencalonan. Selama masa pengumuman syarat minimal dukungan pada 9-22 November 2017, masyarakat bisa memanfaatkan Helpdesk  untuk berkonsultasi kepada KPU terkait Pencalonan Perseorangan, yang akan dilayani pada pukul 08.00-16.00 WIB pada hari kerja.

“Mekanisme pencalonan perseorangan diatur dalam Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2017 Tentang Pencalonan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Dan/Atau Walikota dan Wakil Walikota dimulai dengan pengumuman syarat minimal dukungan sampai, penelitian administrasi, hingga rekapitulasi dukungan,” ujar Dja’far.

          Adapun syarat dukungan untuk pencalonan perseorangan dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Jombang 2018, sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2017 berpedoman pada jumlah Daftar Pemilih Tetap Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2014 yaitu 991.770 orang. Maka, jumlah dukungan yang harus dimiliki oleh Calon Perseorangan yaitu 7,5% dari DPT Pemilu terakhir, sekitar 74.382,75 orang dibulatkan menjadi 74.383 dengan menyertakan salinan atau fotocopy KTP dan menandatangani surat pernyataan dukungan. (dyta)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *