Rapat Koordinasi Evaluasi Hasil Temuan Verifikasi Faktual

IMG-20171113-WA0012

Kpu-jombangkab.go.id- Divisi Hukum KPU mengadakan rapat koordinasi untuk mengevaluasi pelaksanaan verifikasi faktual keanggotaan ganda partai politik oleh Tim Verifikasi Faktual KPU, Selasa (7/11), pukul 15.00 WIB, di aula Husni Kamil Manik. Rapat ini adalah rapat perdana untuk mengevaluasi hasil temuan Tim Verifikasi Faktual KPU, dalam masa verifikasi faktual keanggotaan ganda partai politik yang berlangsung pada Senin (1/11) dan berakhir pada Minggu (12/11).
“Kami meminta laporan dari 15 Tim yang tersebar di seluruh kecamatan se-Kabupaten Jombang di mana terdapat data keanggotaan ganda partai politik melalui data pada aplikasi SIPOL (Sistem Pencalonan) dengan data salinan KTP dan KTA yang telah diserahkan oleh parpol pada masa pendaftaran lalu. Banyak sekali permasalahan dan kendala yang ditemui tim di lapangan dan semua itu dirangkum untuk dibahas bersama bagaimana solusinya,” papar Athoillah, Komisioner KPU Divisi Hukum.
Beberapa permasalahan yang muncul dan dialami tim antara lain : nama dan alamat yang tidak dikenali oleh warga sekitar bahkan oleh Perangkat Desa dan Kecamatan, Responden sudah meninggal dan hanya bertemu keluarganya, Yang Bersangkutan tidak mau ditemui dan tidak mau memberi keterangan jelas dirinya Anggota Parpol atau tidak, Anggota Parpol ternyata diketahui sebagai Aparatur Sipil Negara (PNS), bahkan seseorang tercatat ganda dalam keanggotaan 2 Parpol tapi Yang Bersangkutan tidak tahu menahu jika dirinya tercatat sebagai Anggota Parpol.
“Idealnya, Responden atau Narasumber berhasil ditemui dan mengisi formulir pernyataan dukungan atau tidak mendukung Parpol tertentu atau formulir pernyataan keanggotaan suatu Parpol dengan dukungan foto Narasumber. Namun realitas di lapangan ada bermacam-macam makanya kami berkoordinasi untuk mencari solusi bersama agar semua data selesai terverifikasi hingga Minggu (12/11),” ujar Kasubag Hukum, Achmad Saifuddin SH M.Si. (dyta)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *