Bekali Staf Pengetahuan Penataan Dapil

 

Rapat Staf KPU Tentang Penataan Daerah Pemilihan Pemilu 2019

Rapat Staf KPU Tentang Penataan Daerah Pemilihan Pemilu 2019

kpu-jombangkab.go.id– Agar Staf KPU juga memiliki wawasan tentang konsep penataan Daerah Pemilihan (Dapil) dalam Pemilu Tahun 2019 (Pemilihan Anggota Legislatif), Divisi Teknis memberikan pembekalan pengetahuan seputar penataan dapil, Jumat (1/12), di ruang pertemuan RM Heny. Rapat pembekalan dipimpin langsung oleh Komisioner KPU, Dja’far, yang diikuti oleh Staf berstatus ASN dan Tenaga Pendukung Pemilihan Serentak 2018.

Dja’far menjelaskan materi tentang Mekanisme Kerja Dalam Penataan Dapil dan Alokasi Kursi Anggota DPRD Kabupaten/Kota Dalam Pemilu 2019 di antaranya adalah prinsip-prinsip penataan dapil dan alokasi kursi yaitu : kesetaraan suara, ketaatan pada sistem Pemilu yang proporsional, coterminous, kohesivitas, integralitas wilayah, dan kesinambungan dengan Pemilu sebelumnya. Kesetaraan suara adalah prinsip yang mengupayakan harga kursi yang setara antar satu dapil dengan dapil lain; ketaatan pada sistem pemilu yang proporsional adalah prinsip yang mengutamakan jumlah kursi besar dalam pembentukan dapil; proporsional adalah prinsip yang memperhatikan keseimbangan alokasi kursi antar dapil; integralitas wilayah adalah prinsip yang memperhatikan keutuhan dan keterpaduan wilayah, dengan memperhatikan kondisi geografis dan sarana penghubung. Coterminus adalah Dapil yang dibentuk harus dalam cakupan Dapil tingkatan yang lebih besar (yaitu Dapil DPRD Provinsi); kohesivitas adalah prinsip yang memperhatikan aspek sejarah, kondisi sosial budaya adat istiadat dan kelompok minoritas; dan terakhir adalah kesinambungan yang memperhatikan komposisi Dapil pada Pemilu sebelumnya.

          “Mekanisme kerja KPU kabupaten/kota dalam hal ini KPU Jombang, yaitu menyusun usulan penataan Dapil dan alokasi kursi dengan memperhatikan 7 prinsip lalu uji publik, menyusun rancangan dapil dan alokasi kursi dengan memperhatikan hasil uji publik, menyampaikan usulan penataan dapil dan alokasi kursi kepada KPU Provinsi Jawa Timur dalam bentuk hardcopy dan softcopy dilampiri dengan penjelasan yang dapat dipertanggung jawabkan dan BA Pleno pembahasan usulan penataan dapil dan alokasi kursi,” papar Dja’far.

Dja’far menambahkan, jumlah kursi Anggota DPRD Kabupaten/kota ditetapkan paling sedikit 20 kursi dan paling banyak 55 kursi dengan alokasi kursi setiap Dapil Anggota DPRD Kabupaten/Kota paling sedikit 3 kursi dan paling banyak 12 kursi. Kabupaten Jombang yang berpenduduk lebih dari 1 juta jiwa maka jumlah kursi Anggota DPRD sebanyak 50 kursi, sesuai dengan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilu. (dyta)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *