Ketua KPU Jawa Timur Ingatkan Penyebaran Informasi Segera

bondowoso

kpu-jombangkab.go.id- Era keterbukaan informasi perlu disikapi dengan reaksi cepat oleh Komisi Pemilihan Umum di semua tingkatan, terutama ketika dalam tahapan penyelenggaraan pemilihan (pilkada, pemilu nasional) dengan melakukan penyebaran informasi segera kepada masyarakat. Demikian
Ketua KPU Provinsi Jawa Timur, Eko Sasmito, mengingatkan pada peserta kegiatan Bimbingan Teknis Kehumasan, Media Center, dan Pelayanan Informasi Pilkada Serentak 2018, Senin (4/12) dan Selasa (5/12), di Ijen View Hotel & Resort, Bondowoso.

Eko menilai bahwa masih banyak KPU kabupaten/kota yang belum melaksanakan penyebaran informasi kepada masyarakat secara maksimal. Sekarang ini, lembaga atau instansi pemerintah dalam kinerjanya tidak hanya dituntut akuntabel tapi juga transparan. Karena transparansi juga bagian dari akuntabilitas.

“Pascalaunching tahapan pilkada atau pemilu membawa konsekuensi bahwa KPU sudah siap melaksanakan kegiatan-kegiatan dalam tahapan selanjutnya. Kesiapan itu membawa konsekuensi KPU wajib menyampaikan segala informasi kepada masyarakat melalui media yang mudah dijangkau masyarakat,” papar pria kelahiran Lamongan ini.

Eko menambahkan bahwa transparansi dalam penyampaian informasi kepada masyarakat juga terkait erat dengan kemungkinan gugatan secara hukum kepada lembaga. KPU bisa menjadi pihak tergugat apabila kurang atau tidak segera mengumumkan suatu tahapan kepada masyarakat, misalnya terkait pengumuman syarat dukungan pada tahapan pencalonan perseorangan.

Perwakilan KPU Jombang dalam kegiatan Bimtek tersebut adalah Komisioner KPU Divisi Sumber Daya Manusia dan Partisipasi Masyarakat, Moch.Fatoni, dan pengelola website, Maharani Yudhita. Bimtek bertujuan untuk meningkatkan pemahaman Personel KPU terhadap bidang kehumasan dan pelayanan informasi kepada masyarakat. (dyta)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *