Siswa TK Ngoro Suka Maket TPS RPP Gusdur

Ata, Siswa TK Al-Muchsin asyik mengamati maket TPS di RPP Gusdur

Ata, Siswa TK Al-Muchsin asyik mengamati maket TPS di RPP Gusdur

Kpu-jombangkab.go.id- Maket yang menggambarkan suasana Tempat Pemungutan Suara ketika hari pemungutan suara, rupanya menarik perhatian Ata, Siswa Taman Kanak-Kanak Al-Muchsin, Ngoro, saat mengunjungi Rumah Pintar Pemilu – Gubuk Sosialisasi Demokrasi Untuk Rakyat (RPP Gusdur) KPU Jombang, beberapa waktu lalu. Ditemani sang ayah yang sedang ada keperluan ke KPU, Ata asyik mengamati maket TPS sambil bertopang dagu.

“Ini namanya apa? Trus orang ini lagi apa? Orang yang itu lagi apa?” tanya Ata polos kepada Staf KPU, Burhani Agus.

Burhani Agus lalu menjelaskan kepada Ata yang baru pulang sekolah itu, apa saja yang ada di dalam maket yang tertutup kotak transparan berbahan akrilik tersebut. Mulai dari para Petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), Petugas Linmas, dan Pemilih yang sedang duduk menunggu giliran memberikan hak pilihnya di bilik suara.

Komisioner Divisi Sumber Daya Manusia dan Partisipasi Masyarakat, Mochammad Fatoni, yang sekaligus menjadi Penanggung Jawab RPP Gusdur, mengatakan bahwa RPP Gusdur didesain dengan konsep untuk berbagai usia pengunjung. Maket TPS sengaja dipilih dengan desain yang menarik, full color, yang menarik untuk anak-anak. Ada pula permainan puzzle dengan konsep yang disesuaikan untuk anak usia TK dan SD, SMP, hingga SMA dan umum.

“Karena KPU ingin pengunjung yang datang ke RPP ini beragam tidak hanya mereka yang sudah memiliki hak pilih saja. Karena RPP dibuat bertujuan mengenalkan Pemilu dan seluk beluknya untuk semua kalangan,” imbuh Fatoni, Sabtu (9/12). (dyta)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *