Sinergitas KPU – Stakeholder Pada Tahapan Pencalonan

kpu-jombangkab.go.id– KPU Jombang menghadiri Rapat koordinasi (Rakor) Persiapan Pencalonan Bakal Calon (Bacalon) Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur Tahun 2018 di kantor KPU Jatim, Rabu (13/12).  Rakor dihadiri oleh KPU Kab/Kota se-Jawa Timur, dan sebagai Perwakilan dari  KPU Jombang adalah Drs Djafar M.Si, Komisioner Ddivisi Teknis. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang sama terhadap tata cara dan kewenangan serta kesiapan stakeholder terhadap pencalonan kepala daerah.

Komisioner KPU Jatim Divisi Perencanaan dan Data, Choirul Anam, pada pembukaan acara menjelaskan bahwa sebelumnya KPU Jatim sudah melaksanakan tahapan pasangan calon perseorangan. Setelah batas waktu yang telah ditentukan, tidak ada satupun yang menyerahkan syarat dukungan sehingga dipastikan dalam Pilgub Jatim 2018 tidak ada bacalon perseorangan.

Komisioner KPU Jatim Divisi Teknis, Mohammad Arbayanto menyampaikan bahwa syarat pencalonan harus ada dan lengkap pada saat pendaftaran dan perlu melibatkan stakeholder untuk ketertiban syarat administratif dan tenggat waktu. Stakeholder yang ada nantinya akan bersinergi dengan KPU dalam melaksanakan tahapan pencalonan, seperti : Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih), Ikatan Doker Indonesia (IDI), Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI), Badan Narkotika Nasional (BNN), Rumah Sakit Pemerintah Daerah, Kepolisian dan Dinas Pendidikan.,” tutur Arbayanto.

Sama dengan KPU Jatim, pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Jombang, 27 Juni 2018 nanti, tidak ada Bakal Pasangan Calon, setelah pada hari terakhir penyerahan syarat dukungan Bacalon Perseorangan, Rabu (29/11) lalu, tidak ada satupun Tim Pemenangan Bacalon Perseorangan yang datang ke KPU. “KPU Jombang selalu berkoordinasi dengan Panwaslih dalam setiap tahapan dan kami malah mengundang seluruh Panwascam untuk ikut hadir di hari terakhir sekaligus berkenalan dengan PPK se-Jombang untuk membangun sinergitas Penyelenggara Pemilu,” tegas Dja’far. ( agus)

 

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *