KPU Sosialisasikan Aturan Baru Pembentukan PPK PPS Pemilu 2019

kpu-jombangkab.go.id- Adanya perubahan jumlah keanggotaan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) pada Pemilihan Serentak Tahun 2018 dengan Pemilu Tahun 2019, dari lima orang menjadi tiga orang, membutuhkan seleksi kembali. Hal ini seperti diatur dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilihan Umum dan Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2008 Tentang Pembentukan dan Tata Kerja Panitia Pemilihan Kecamatan, Panitia Pemungutan Suara, Dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara Dalam Pemilihan Umum.

1

KPU Jombang menyosialisasikan hal tersebut kepada Anggota PPK dan Sekretaris PPK se-Jombang pada Jumat

KPU Jombang menyosialisasikan hal tersebut kepada Anggota PPK dan Sekretaris PPK se-Jombang pada Jumat (9/2), di gedung Husni Kamil Manik – KPU, pukul 14.00 WIB. Sosialisasi diselenggarakan sebagai persiapan pembentukan Badan Ad Hoc (PPK) untuk Pemilu 2019, di bawah komando Divisi Sumber Daya Manusia dan Partisipasi Masyarakat (SDM Parmas).

Anggota KPU Divisi SDM Parmas, Drs Moch, Fatoni MM, menjelaskan bahwa sesuai peraturan yang mendasari kegiatan itu, Anggota PPK dan PPS pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Jombang dan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur Tahun 2018 (Pilkada Serentak 2018) dapat diangkat kembali sebagai PPK dan PPS dalam Pemilu 2019 dengan beberapa ketentuan. Di antara ketentuan tersebut yaitu : masih memenuhi syarat sebagai Anggota PPK dan PPS, dan melalui evaluasi dan penilaian terhadap kinerja yang bersangkutan pada saat menjabat sebagai Anggota PPK dan PPS Pilkada Serentak 2018.

“Bentuk penilainnya ada tiga mulai dari penilaian oleh Sekretariat PPK/PPS, penilaian oleh sesama Anggota PPK/PPS, dan penilaian oleh KPU dengan substansi penilaian adalah integritas, kerjasama, dan independensi. Masing-masing Anggota PPK dan PPS menilai satu sama lain lewat daftar pertanyaan tertutup,” papar Fatoni, yang menggawangi kegiatan Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan Pembentukan Badan Ad Hoc Pemilihan.

Kepala Sub Bagian Keuangan, Umum, dan Logistik, Heri Subagyo SE, MSi, menambahkan bahwa akhir dari penentuan PPK dan PPS terpilih bahwa KPU akan menetapkan Anggota PPK berdasarkan penilaian evaluasi tertinggi. Panduan pertanyaan dalam tahap penilaian antar Anggota PPK juga diberikan sehingga diharapkan berjalan fair dan riil dengan kondisi sebenarnya. (dyta)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *