WTP Bukan Prestasi, Tapi Kewajiban

kpu-jombangkab.go.id- “Opini itu bukan prestasi tapi kewajiban,” kalimat itu ditegaskan oleh Adi Wijayabakti, Inspektur KPU RI yang bertindak sebagai Narasumber di sesi Pengelolaan Keuangan Tahun 2018 pada Rapat Koordinasi Penatausahaan Dana Hibah Pilkada 2018 di Hotel Aston Bogor, Minggu (4/3).

dita 1

Rapat Koordinasi Penatausahaan Dana Hibah Pilkada 2018

Pria berpembawaan kalem tersebut menjelaskan bahwa sudah sepantasnya semua lembaga dan instansi Pemerintah berupaya meraih Opini Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dengan status Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Itu artinya bahwa lembaga/instansi Pemerintah tersebut telah melaksanakan pertanggungjawaban sesuai dengan apa yang diminta BPK, yang memiliki otoritas memeriksa pengelolaan keuangan instansi Pemerintah.

“Tentu saja upaya meraih opini WTP membutuhkan komitmen tinggi dari Para Pengelola Keuangan, terutama komitmen dan kompetensi Bendahara sebagai ujung tombak pengelolaan keuangan. Bendahara wajib mengetahui tugas dan fungsinya yang didukung oleh seluruh Pengelola Keuangan,” tegas Adi Wijayabakti.

Kepala Bagian Perbendaharaan KPU RI, Yan Permana, masih dalam sesi tersebut, mengingatkan bahwa Bendahara harus ‘mengamankan diri’ lebih dulu dan pada akhirnya mengamankan Pimpinan lembaga. Caranya adalah dengan bekerja sesuai aturan, berkomitmen tinggi, dan tidak takut memegang prinsip bahwa semua transaksi keuangan harus dilakukan melalui prosedur yang telah ditetapkan sesuai aturan perbendaharaan dan keuangan negara.

“Jangan lagi ada anggapan Bendahara itu kasir atau tukang bayar, karena sebelum pembayaran dilakukan Bendahara, harus melalui proses uji kelayakan atau dokumen pertanggungjawaban kegiatan lengkap,” tegas Pria humoris ini, yang telah mengabdi di Biro Keuangan KPU RI selama 18 tahun.

Biro Keuangan KPU RI menyelenggarakan Rapat Koordinasi Penatausahaan Dana Hibah Pilkada 2018 mulai Minggu (4/3) sampai dengan Selasa (6/3), di Hotel Aston Bogor. Sebanyak 171 Bendahara Pengeluaran Pembantu yang mengelola dana hibah Pilkada 2018 hadir mengikuti acara tersebut. Perwakilan dari Subbag Keuangan Dana Hibah Pilkada 2018 dari KPU Kabupaten Jombang yaitu Maharani Yudhita. (dyta)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *