Maskot Pilkada Hiasi Taman- taman Jombang

kpu-jombangkab.go.id. Tim KPU Jombang Monitoring Maskot dan runningtext  Pilkada Jombang di seluruh tempat Kabupaten Jombang, Rabu (21/3). Besut Rusmini  menjadi maskot resmi yang akan digunakan pada setiap kegiatan sosialisasi yang dilakukan oleh KPU Jombang, pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Jombang .alon2dewantarakebon rojokebunratukpumastripmojoagungsetadionkpu r

Maskot Pilihan Bupati dan Wakil Bupati  Jombang didesain oleh Ahmad Fatoni, pemuda asal Kedunggalih Rejosopinggir Tembelang Jombang terpilih sebagai pemenag lomba maskot kemarin, Maskot tersebut menggambarkan kesenian tradisional asli Kabupaten Jombang yang merupakanpengembangan dari Kesenian Lerok. Sejarah panjang kesenian Besutan di KabupatenJombang memang seperti tiada habisnya. Perjalanan panjang ini seperti memberitanda bahwa Besutan, benar-benar mengandung arti mbeto maksut (membawa pesan/maksud) atau juga berarti mbasuh atau menghilangkan noda/kotoran. Sehingga kenyataan ini menunjukkan bahwa Besutan sebenarnya  dinamis, suatu kehidupan yang selalu berusaha mencari sesuatu yang terbaik, kehidupan yang akomodatif terhadap suasana jaman yang sedang dihadapinya. Hasil yang diharapkan dari proses tersebut adalah terhapusnya hal-hal yang tidak baik dan munculnya sebuah karyayang luar biasa.

Drs M Fatoni MM Divisi Bidang SDM dan Parmas KPU Jombang mengatakan , Besut Rusmini memadukan antara kearifan lokal dan potensi daerah. Besut merupakan sosok laki-laki yang berwatak cerdas, terbuka, perhatian, kritis, transformatif, dan mempunyai jiwa seni, tokoh yang selalu hadir dalam adegan pementasan antara lain: Besut, Rusmini, Man Gondo, Sumo Tokoh lain bisa dimunculkan sesuai kebutuhan dan pengembangan cerita. Besut yang gagah dan Rusmini yang cantik selalu menjadi sepasang kekasih atau sepasang suami isteri. Keduanya saling mencinta walau banyakhalangan harus mereka hadapi.

Ia menambahkan pemasangan maskot pilkada 2018 di tempat strategis di Jombang merupakan sarana sosialisasi dari KPU Jombang untuk mengingatkan partisipasi masyarakat pada pilkada serentak 2018 di Jombang. Untuk runningtext  Pilkada Jombang di tempatkan di depan kantor KPU Jombang dan ringin contong Jombang. Sedangkan untuk maskot di delapan titik, KPU, aloon-alon Jombang, taman mastrip,taman kebun rojo dan kebun ratu, depan stadion Jombang,taman Mojoagung, “Jelas Fatoni.(agus).

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *