KPU Jombang Ikuti Bimtek PPHP

kpu-jombangkab.go.id. KPU Jombang mengikuti Bimbingan Teknis Penyelesaian Perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota yang dilaksanakan oleh Kepaniteraan dan Sekretariat Jenderal Mahkamah Konstitusi Repubilk Indonesia. Bimtek diselenggarakan pada tanggal 9 sampai dengan 12 April 2018 bertempat di Pusdik Pancasila dan Konstitusi Cisarua Bogor. KPU Jombang diwakili Anggota KPU Divisi Hukum Athoillah,SH dan Kasubag Hukum Ahmad Syaifudin SH

.pphp 3

Bimtek ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman hak konstitusi warga negara dan hukum acara di mahkamah konstitusi, serta untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang hukum acara penyelesaian perkara  perselisihan hasil pemilihan Gubernur,Bupati,dan Walikota. Bimtek gelombang ke 2 yang diikuti oleh 174 peserta, dengan peserta terbanyak berasal dari Provinsi Jawa Timur sebanyak 38 peserta. Jumlah tersebut terdiri dari 2 peserta berasal KPU Provinsi Jawa Timur yaitu dari unsur komisoner M.Arbayanto serta dari sekretariat, Pradini, sedangkan sisanya dari KPU Kabupaten/Kota  se-Provinsi Jawa Timur serta KPU se-Indonesia yang menyelenggrakan Pilkada serentak

.pphp

Materi Bimtek pertama dengan  narasumber Dr. Mardian Wibisono,SH.M.Si, KPU RI, Pramono Ubaid Tantowi dengan tema Sistem Penyelenggaraan dalam pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota, dan Bawaslu RI, Abhan dengan tema Sistem Pengawasan dalam Pemilihan gubernur, Bupati dan Walikota Serentak Tahun 2018. Masing-masing pemateri diberikan waktu selama 2 jam untuk memaparkan materinya serta termasuk tanya jawab dengan peserta Bimtek.

Bimtek materi Hukum acara Perselisihan Hasil Pemilihan Gubernur, Bupati, Walikota dengan Nara Sumber YM. Dr. Wahiduddin Adams,SH,MA, Mekanisme dan Tahapan penanganan Perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota serentak Tahun 2018 dengan Narasumber Kasianur Sidauruk,SH.MH, dan Teknik Penyusunan Jawaban Termohon dalam Perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota dengan Narasumber Ida Ria Tambunan. Narasumber diberikan waktu selama 2 jam untuk memaparkan materi dan tanya jawab dengan peserta.

Bimtek praktik penyusunan Teknik Penyusunan Jawaban Termohon dalam Perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota serentak dan setiap peserta diwajibkan untuk mengisi jawaban dari soal yang sudah disiapkan oleh Panitia pelaksana. Hari terakhir Bimtek peserta diuji untuk mengetahui pengusaan materi, apakah peserta yang mengikuti Bimtek selama hari terakhir bisa menyerap materi yang telah diberikan oleh narasumber .(agus)

 

 

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *