Pagelaran Seni dan Budaya Songsong Setahun Pemilu 2019

kpu-jombangkab.go.id. Dalam rangka menyongsong satu tahun menjelang pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2019, Komisi KPU Jombang  menyelengarakan  pagelaran  seni dan budaya, Sabtu (21/4). Acara sosialisasi dikemas dengan pagelaran seni dan budaya tersebut di mulai pukul 19.30 WIB, mendatangkan Campursari dan grup ludruk “Warung Pojok Kebonrojo”, acara tersebut dibuka untuk umum dan gratis

.IMG20180421203902

Tamu undangan yang hadir selain perwakilan dari Partai Politik peserta Pemilu 2019, ialah anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) di wilayah kerja lima kecamatan, pemangku kepentingan, dan turut diramaikan oleh masyarakat umum lainnya. Pagelaran seni budaya tersebut diadakan guna mensosialisasikan kepada masyarakat berupa tanggal pemungutan suara Pemilu 2019, jingle Pemilu 2019, dan maskot Pemilu 2019 yaitu Sang Sura.” bahwa Pemilu untuk memilih DPR, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten, DPD, dan Presiden dan Wakil Presiden sudah dicanangkan tanggalnya, yaitu pada tanggal 17 April 2019. “Sehingga nanti pada saat di dalam bilik suara kita akan mencoblos sebanyak 5 surat suara,”Ujar Fatoni.

IMG20180421204408

Diawali dengan sambutan Ketua KPU Jombang , Muhaimin Shofi yang kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan jingle pemilu yaitu “Pemilih Berdaulat Negara Indonesia Kuat” yang dinyanyikan bersama seluruh undangan yang hadir. Setelah itu masuk ke acara inti Ludruk Jombangan Worung Pojok Kebonrojo  dengan pesan pokok yang disampaikan dalam cerita adalah emansipasi wanita kebetulan bertepatan hari Kartini dan manfaat pemilu dan pemilih yang berdaulat. Terakhir Muhaimin menyampaikan harapannya kepada masyarakat yang hadir pada acara Pagelaran Seni dan Budaya di alon-alon Jombang  bisa pro aktif mencermati apakah masyarakat sudah masuk di dalam daftar pemilih, “ Ujarnya

IMG20180421202317

Drs M Fatoni Divisi SDM dan Parmas menjelaskan, bahwa ludruk Jombangan Warung Pojok Kebonrojo  Binaan  Cak Gempur dan Cak Fat merupakan salah satu konsep dalam kesenian Besut-an, yang ada misi berdakwah meninggikan martabat individu sebagai makhluk sosial serta martabat berbangsa dan bernegara, dalam hal ini menyadarkan adanya emansipasi wanita dalam persamaam hak dan kewajiban, keseimbangan antara kedalaman ilmu (nilai) yang disampaikan secara kelakar, dengan  nilai jalan tradisi untuk mengendarai modernisasi dalam satu alur transformasi budaya.

IMG20180421223231

Ia berharap kepada masyarakat yang hadir pada acara Pagelaran Seni dan Budaya  bahwa beriringan dengan tahapan Pilkada serentak 2018, KPU Jombang juga menjalankan tahapan Pemilu 2019 dengan diawali dengan penetapan partai politik peserta Pemilu oleh KPU RI,” Ujar Fatoni ( agus)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *