KPU Sosialisasi Dengan Warga Binaan Klas IIB Jombang

kpu-jombangkab.go.id. Dalam rangka Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Jombang Tahun 2018, KPU Jombang  melakukan sosialisasi bagi warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Jombang, Sosialisasi itu sendiri dilakukan pukul 13.30 WIB  – 15.00.WIB. Acara tersebut dihadiri  KPU Jombang Divisi Perencanaan dan Data ABD Wadud Burhan Abadi, Kasubag Program dan Data Samsul Huda serta didampingai staf teknis dan program KPU Jombang, Anggota Panwaslih Jombang,PPK Jombang dan PPS Kaliwungu.Sabtu( 5/5).

sos dg lapas

Kalapas Klas IIB Jombang Indra Sofyan, yang hadir bersama sejumlah pimpinan dan petinggi lapas,  Sementara dari warga binaan ada ratusan yang mengikuti sosialisasi kemarin itupun hanya dihadiri perwakilan kepala kamar, kalau semua warga binaan ikut ruang ini akan tidak muat, “Ujar Sofyan.

lp 1

ABD Wadud Burhan Abadi  mengatakan sosialisasi dilakukan seperti biasanya. Terkait Pemilihan  Gubernur dan Wakil Gubernur, serta sosialisasi pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Jombang. “Pihaknya menjelaskan bahwa sosialisasi itu disampaikan dengan menjelaskan paslon Gubernur dan calon Wakil Gubernur, paslon Bupati dan Wabup Jombang. “Serta tata cara mencoblos yang sah,” Ujar Burhan.

Kegiatan sosialisasi berlangsung hangat, yang ditandai dengan antusiasme warga binaan dalam menanyakan seputar proses pemutakhiran data pemilih dan pindah memilih. Dalam sosialisasi tersebut ternyata tidak banyak pertanyaan terkait cara mencoblos dan sosialisasi pilkadanya. Yang jadi soorotan dan banyak pertanyaan mereka selama sosialisasi malah tentang KTP elektronik (KTP-el). Dan tidak menutup kemungkinan, sebagian besar masih belum punya KTP-el.  Akan tetapi, bukan berarti semua warga binaan lapas tidak memenuhi syarat sebagai pemilih.

sos dg lapas 1

ABD Wadud Burhan Abadi, Divisi Perencanaan dan Data menegaskan semua warga binaan yang asli Jombang kalau luar Jombang cuma bisa ikut pemilihan gubernur dan Wakil Gubernur 2018 . “Mereka memenuhi syarat untuk menjadi hak pilih,” Ujar Burhan.

Di lapas Jombang  diketahui ada hak pilih sebanyak 635 orang. Jumlah itu lebih kecil dari total penghuni lapas yang jumlahnya mencapai 735 orang, sehingga ada yang bukan warga Jombang tetapi warga Jawa Timur bisa ikut Pilkada Jatim. Teknis nyoblosnya di lapas juga tidak susah, sebab tidak ada TPS khusus tidak perlu keluar lapas,“akan ada TPS dekat   lapas. Sebab pemilihnya mencukupi untuk dijadikan satu TPS,” Ujar Burhan.( agus).

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *