Debat Publik Pertama Pemilihan Bupati Jombang, Sukses

kpu-jombangkab.go.id. Debat publik pertama  Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Jombang  tahun 2018.  Sabtu (12/5) berlangsung lancar dan sukses. Acara digelar di  Gedung pertemuan PG Jombang Baru Jombang disiarkan langsung oleh TV 9, dihadiri tim kampanye ketiga pasangan calon, simpatisan, tamu undangan dan wartawan.

Mereka datang sekitar pukul 18.30 dan mulai memadati lokasi debat publik. Tim kampanye dan pendukung ketiga pasangan calon yang mempunyai undangan yang berbentuk id card bisa memasuki lokasi debat diperiksa terlebih oleh kepolisian secara bergantian. Untuk para simpatisan ketiga pasangan calon yang tidak memiliki undangan, maupun masyarakat Jombang dapat melihat secara langsung di TV 9,untuk PPK juga melakukan  nonton bareng (nobar) di pendopo kecamatan masing-masing yang disiarkan secara langsung dari TV 9.

Acara debat publik Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Jombang  tahun 2018 , dibuka oleh Ketua KPU Kabupaten Jombang Muahimin Shofi, menyampaikan bahwa tema untuk debat publik perdana adalah dengan tema  memajukan daerah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Jombang.“KPU Jombang  menyelenggarakan debat publik sebagai  harmonisasi antara gagasan dan realisasi kemampuan harapan kesejahteraan masyarakat Jombang  untuk lima tahun kedepan,”ujar Muhaimin Shofi

debat2

Menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya sebelum acara debat di mulai

Ia  menambahkan bahwa debat publik penting untuk masyarakat bertujuan agar masyarakat dapat melihat dan mendengar pasangan calon dalam menyampaikan visi dan misinya dan mempertahankan argumentasi terhadap visi dan misi antar pasangan calon.

debat 1

pengenalan paslon oleh moderator debat Zheda Salim

Jalannya debat publik Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Jombang  tahun 2018  dibagi dalam enam  segmen guna  beradu argumen dan gagasan antara ketiga paslon, yang sudah disiapkan panelis.

debat3

pembacaan Visi dan Misi Paslon 1

Zheda Salim moderator yang memandu jalannya debat publik, pertama memperkenalkan paslon dan pembacaan peraturan debat serta memperkenalkan tim perumus, segmen pertama pembacaan visi misi semua paslon. Paslon satu dengan visi “bersama mewujudkan jombang yang berkarakter dan berdaya saing” dengan moto anti pungli, paslon dua dengan visi “ Jombang Gemah Ripah dan Paripurna (Jombang Gemerlap)” dan paslon tiga dengan visi “ Dengan jati diri rakyat Jombang bersama kita sejahtera” dilanjudkan pengambilan pertanyaan di fishbowl paslon nomor urut dua moderator membacakan pertanyaan, paslon menjawab pertanyaan yang telah di bacakan paslon nomor urut dua, secara bergantian.

debat 5

pembacaan Visi Misi Paslon 2

debat 8

Pembacaan Visi Misi Paslon 3

Segmen ketiga pemutaran video pertanyaan dari masyarakat, paslon menjawab pertanyaan masyarakat yang ada di video paslon nomor urut tiga, pengambilan  pilihan video pertanyaan dari masyarakat di fishbowl paslon nomor urut satu, secara bergantian. Segmen keempat  paslon nomor satu akan menanyakan pertanyaan yang telah di siapkan oleh tim perumus yang sudah berada di meja paslon untuk di tanyakan ke paslon nomor 2,  paslon nomor satu, menjawab pertanyaan yang telah di sampaikan paslon no dua menanggapi jawaban dari paslon nomor dua secara bergantian.

debat 6

Foto Bersama semua paslon di ahir Acara

debat 7

Foto Bersama semua paslon KPU Jombang dan Panwaslih di ahir acara debat

Segmen kelima mengajukan pertanyan kepada paslon yang di tuju oleh paslon,  pertanyaan yang telah disampaikan oleh paslon nomor dua, paslon menanggapi jawaban dari paslon yang dituju, paslon menanggapi jawaban dari paslon tersebut begitu seterusnya secara bergantian yang diatur oleh moderator. Segmen terahir  orasi politik untuk mengajak warga ikut memilih dan mensukseskan pilkada Kabupaten  Jombang 2018        paslon semua paslon secara bergantian.

Tim kampanye dan Simpatisan ketigaa paslon yang berada di depan gedung, juga berlangsung tertib. Polres Jombang  dan TNI mampu mengawal jalannya debat dengan baik, tidak ada gesekan-gesekan yang terjadi, tim kampanye dan simpatisan terlihat serius menyimak setiap segmen debat publik perdana 2018.( agus).

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *