Jangan Sampai Terjadi Pemilu Ulang, KPU Gelar Sosialisasi Tungsura

kpu-jombangkab.go.id. Dengan menerapkan prinsip mandiri, jujur, adil, dan profesional. KPPS tidak melakukan pelanggaran juga teliti dan akurat mencatat hasil pemungutan dan penghitungan suara maka, “Rekapitulasi suara adalah ukuran yang sangat penting untuk melihat akuntabilitas penyelenggara,” Ujar M Fatoni Ketika mengisi Sosialisasai Tungsura di Kecamatan Perak Jombang.Minggu ( 10/6).

perak 1

M Fatoni  Komisioner KPU Jombang mengatakan,  bagi pemilih ada ketentuannya yakni orang yang bisa memilih adalah orang yang memiliki KTP Jombang, Makanya pemilih itu memastikan nama2 di DPT  ada didalam daftar pemilih, jangan sampai ada penilaian dari Panwaslu ada kecurigaan dari hak pemilih yang dirugikan, maka akan dilakukan daftar ulang pemilih.

perak 2

Ia menambahkan Pemungutan Suara di TPS  diulang disebabkan terdapat hasil penelitian dan pemeriksaan Panwas Kecamatan terbukti terdapat 1 (satu) atau lebih keadaan sebagai berikut, pembukaan kotak suara dan/atau berkas Pemungutan dan Penghitungan Suara tidak dilakukan menurut tata cara yang ditetapkan dalam peraturan perundang-undangan, petugas KPPS meminta Pemilih memberi tanda khusus, menandatangani, atau menulis nama atau alamatnya pada Surat Suara yang sudah digunakan, petugas KPPS merusak lebih dari 1 (satu) Surat Suara yang sudah digunakan oleh Pemilih sehingga Surat Suara tersebut menjadi tidak sah, lebih dari 1 (satu) orang Pemilih menggunakan hak pilih lebih dari 1 (satu) kali pada TPS yang sama atau TPS yang berbeda; dan/atau, lebih dari 1 (satu) orang Pemilih yang tidak terdaftar sebagai Pemilih mendapat kesempatan memberikan suara pada TPS, “Jangan gara gara, satu pemilih, akhirnya berdampak pada pemilihan ulang, kan yang rugi semua pihak, makanya harus tertib,” Ujar Fatoni

perak

M Fatoni mengatakan bahwa C6 merupakan surat pemberitahuan bukan surat undangan, jadi C6 tidak boleh diwakilkan, beda kalau dengan undangan. Acara dilanjudkan dengan sesi tanya jawab, salah satunya mengenai surat mandat saksi, KPU harus tegas karena menyangkut tanggung jawab penyelengara. ( agus).

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *