KPU Bimtek Tungsura di PPK Ngoro

kpu-jombangkab.go.id. Bimtek Pemungutan dan Penghitungan Suara kepada penyelenggara di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) merupakan gerbang awal transfer ilmu serta pemahaman tentang tata cara melaksanakan kegiatan hari pencoblosan dan rekapitulasi perolehan suara.Hal tersebut disampaikan, Abd Wadud Burhan Abadi  dalam kegiatan Bimtek Situng di Kecamatan Ngoro Jombang, Minggu (10/6).

ngoro

Ia menjelaskan, PPK dilatih secara teoritis dan praktek atas norma-norma baru dalam Sistem Pungut dan Hitung Suara. Di antaranya ketepatan pengisian Formulir C1, penyampaian C6, keakuratan data pengguna hak suara. Juga keakuratan dan ketelitian dalam merekap hasil perolehan suara. Selain itu, PPK ditekankan untuk mentransformasi pengetahuannya soal Sistem Tungsura kepada PPS, selanjutnya diteruskan kepada KPPS secara paripurna,”Norma terpenting, ada kewajiban pemilih menunjukkan KTP Elektornik atau Surat Keterangan Sudah Rekam KTP Elektronik kepada Petugas KPPS. Nah ini wajib sampai ke pemilih nanti,” Ujar Burhan

ngoro 1

Ia menambahkan nantinya akan juga disebarluaskan buku panduan serta Video Panduan Pemungutan dan Penghitungan Suara kepada PPK, PPS, dan KPPS. Hal ini dilakukan untuk memudahkan kerja penyelenggara di bawah, dan bekerja dengan menerapkan prinsip mandiri, jujur, adil, dan profesional. KPPS tidak melakukan pelanggaran juga teliti dan akurat mencatat hasil pemungutan dan penghitungan suara, ” Ujar Burhan.

Dalam Bimtek tersebut dihadiri oleh seluruh anggota PPK, sekretaris PPS dan seluruh PPS di kecamatan Ngoro Jombang.( agus)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *