Bimbingan Teknis Terpadu Tungsura Pilkada serentak 2018

kpu-jombangkab.go.id. Dalam rangka Pemilihan Gubernur Jawa Timur, pemilihan Bupati dan wakil bupati Jombang Tahun 2018, KPU Jombang menggelar bimbingan teknis terpadu pemungutan dan penghitungan suara 2018,di Kecamatan Mojowarno, Senin (11/6).

mojowarno 1

Samsul Huda Kasubag Program dan Data  menyampaikan bahwa, pada bimtek kali adalah bersifat teknis. Tungsura merupakan mahkota dari Pemilu, meskipun Jombang adem ayem akan tetapi dapat berpotensi kericuhan. Dalam pemilu terdapat revisi aturan, sehingga harus menyesuaikan dengan aturan yang berlaku saat ini termasuk  penghitungan suara.

mojowarno

Ia memaparkan mengenai tata cara teknis pemungutan suara dan penghitungan suara. Dalam penjelasannya disampaikan bahwa pemungutan suara adalah proses pemberian suara oleh pemilih di TPS dengan cara mencoblos pada nomor urut, nama atau foto pasangan calon dan ditandatangani oleh ketua KPPS. Pemilih dalam DPPh adalah pemilih yang dalam keadaan tertentu tidak dapat memberikan suara di TPS awal tempat pemilih terdaftar dan memberikan suara di TPS lain di wilayah Provinsi Jawa Timur untuk Pilgup dan Wilayah Jombang untuk Pilbup. Selain itu juga dijelaskan pembagian tugas KPPS diantaranya yaitu KPPS 1 memimpin rapat dan memberikan penjelasan tentang tata cara pemberian suara, KPPS 2 dan 3 membantu tugas Ketua KPPS di meja KPPS, menyiapkan BA dan sertifikat serta memisahkan Model C6-KWK berdasarkan jenis kelamin. KPPS 4 menerima pemilih yang masuk TPS, KPPS 6 mengatur pemilih yang akan memasukkan surat suara yang akan memasukkan ke kotak suara. KPPS 7 mengatur pemilih keluar, memberikan tanda tinta di jari pemilih.(agus)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *