KPU Jombang Lakukan Rekapitulasi Suara Pilgub dan Pilbup Jombang

kpu-jombangkab.go.id. KPU Jombang Gelar hasil Rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan suara, Pilgub Jatim, pilgub Jombang  2018. Acara digelar di Gedung  HKM KPU Jombang.Kamis( 5/7).

rekab kab 4

Pembukaan Rapat Pleno dengan menyamyikan Lagu Indonesia Raya

Acara Pleno terbuka penghitungan secara resmi dibuka oleh ketua KPU Jombang Muhaimin Shofi yang dihadiri seluruh ketua dan Anggota PPK  di 21 kecamatan di Jombang ini, sejumlah pejabat diantaranya Kapolres Jombang, AKBP Fadli Widiyanto SIK MH, PJ Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab, Kajari Jombang, Ketua PN Jombang, Komisioner KPU Jombang  dan Panwaslu Jombang, dan saksi tim pasangan calon Pilgub Jatim dan Pilbup Jombang yang berlaga.

rekab kab 2

Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Pilkada Serentak 2018

Djafar Komisioner KPU Jombang Divisi Teknis mengatakan Rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan suara berdasarkan  PKPU no 9 tahun 2018, untuk rapat terbuka, apabila ada catatan dan kejadian khusus, pihaknya memberikan dan mempersilakan mengisi formulir DB2 sebagaimana diatur dalam PKPU, “ untuk rekapitulasi sesuai dengan tingkatan dengan membacakan model DA1 KWK ,” Ujar Djafar

rekab kab 1

Saksi Paslon 1 dan 2 Pemilihan Bupati Jombang, sedangkan saksi paslon 3 tidak hadir

Satu per satu PPK membacakan hasil rekapitulasi perhitungan suara di tingkat kecamatan,  Saksi dan Panwaskab bisa memberikan beberapa catatan perjalanan Pilgup Jatim di Jombang.”Sepanjang menyangkut angka, sepanjang tim saksi bisa menunjukkan angka yang bisa dikoreksi, kita koreksi, Kalau kejadian di luar rekapitulasi, semestinya clear di tingkat PPK,” ujar Djafar.

rekab kab 5

Sebelum membacakan rekapitulasi PPK membuka kotak Suara yang di segel

Sepanjang  proses rekapitulasi  terdapat keberatan dari tim saksi pasangan calon berupa, catatan dan kejadian khusus di tahapan ini, bisa dicatat dalam formulir Model DB-2 KWK. Dari dua tim pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawaw Timur,  tim dari paslon no 2, Samsul Hadi  memberikan  catatan rekapitulasi yang dibacakan oleh PPK dalam DA1 hampir 50 persen mengalami perbaikan meskipun perbaikan diatur dalam undang-undang Pemilu, tetapi saksi menyayangkan kenapa kalau hanya keliru Input atau kesalahan data entri kok hampir 70 persen di kecamatan, alasan kedua terkait data yang disampaikan saksi awal terkait C1 akan jadi kajian saksi untuk tidak menadatangani  hasil pleno rekapitulasi Pilgup tingkat Kabupaten Jombang. Sampai rapat pleno selesai saksi Paslon 2 tidak bersedia menandatangi  Berita acara rekapitulasi.

rekap kab

Saksi Paslon 2 Pilgub Jatim

Selanjudnya rekapitulasi perhitungan suara Pemilihan Bupati dan wakil Bupati Jombang yang dibacakan oleh PPK Satu per satu, dalam rapat pleno terbuka tersebut tidak dihadiri saksi dari paslon nomor urut  tiga  yang berlaga pada Pemilihan Bupati Jombang kemarin. Selama berjalannya proses penghitungan dari tingkat kecamatan hingga rapat pleno terbuka tidak ada persoalan.Kalaupun ada, semua sudah dikoreksi sebelum pleno berlangsung, dan disaksikan Panwaslu serta semua tim pasangan calon.Jika dalam pleno terbuka ini, terdapat salah satu saksi tidak hadir, ada pihak yang belum menerima dan enggan menandatangani hasil rekapitulasi, “ hal itu bukanlah masalah. Sebab  ini sudah diatur dalam Peraturan KPU (PKPU) nomor 8 tentang pemungutan dan penghitungan suara tingkat TPS, dan PKPU no 9 tentang rekapitulasi suara dari tingkat PPK, KPU dan KPU Provinsi,” Ujar Djafar.

rekab kab 6

Rekapitulasi Suara Pilkada Serentak 2018

Rapat pleno terbuka selesai pada hari Jumat pukul 00.40 WIB, hasil rincian penghitungan suara untuk Pemilihan Gubernur Jatim pasangan Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elesianto Dardak mendapatkan 326.596 suara dan pasangan Drs. Saifullah Yusuf dan Puti Guntur Soekarno mendapatkan 319.896 suara, dengan rincian 646.492 suara sah, 42.787 suara tidak sah dengan rician 689.279 seluruh suara sah dan tidak sah. Hasil penghitungan surat suara untuk pemilihan Bupati Jombang pasangan Hj Mundjidah Wahab – Sumarambah mendapatkan 308.536 suara, pasangan Drs.Ec Nyono Suharli Wihandoko  – Drs M Subaidi M.Si mendapatkan 219.388 suara dan pasangan  DR Syafiin SH,MM – H Choirul Anam ST mendapatkan 172.393 suara. Dengan rincian 638.817 sah, 50.294 tidak sah dengan rician 689.111 seluruh suara sah dan tidak sah.

rekab kab 3

Rekapitulasi Suara Pilkada Serentak 2018

M Fatoni Komisioner KPU Jombang  mengatakan tingkat partisipasi pemilih pada Pilgub Jatim  di Jombang sebanyak 70,50 persen. Jumlah tersebut, dikatakan oleh Komisioner KPU Divisi SDM dan Parmas, tergolong cukup bagus, dibanding tahun 2013 cuma 57,14 persen.”Tingkat partisipasi pemilih Jumlah DPT sebanyak 977.676 orang. Total tingkat partisipasi pilkada serentak Jombang  70,48 persen untuk Pilbup Jombang sebelumnya pada Pilkada 2013 angka partisipasi mencapai kisaran 70,28 persen. Ia  mengatakan, tingkat pemilih perempuan lebih tinggi dibandingkan dengan pemilih laki-laki,” Ujar M Fatoni.(agus).

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *