Usai Pilkada 2018, KPU Jatim Gelar Bimtek Pengelolaan Arsip

kpu-jombangkab.go.id- “Tidak akan ada sejarah tanpa ada arsip!” Ketua KPU Provinsi Jawa Timur, Eko Sasmito SH MH, menegaskan dalam sambutannya pada kegiatan Bimbingan Teknis Kearsipan Dokumen Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati dan Wakil Bupati/Walikota dan Wakil Walikota (Pilkada Serentak) Tahun 2018, Senin (30/07), di Hotel Swiss Belinn – Airport.

Anggota KPU Divisi Keuangan-Umum-Logistik, Kasubag Umum, dan Staf yang menangani arsip dari 38 Kabupaten/Kota se-Jawa Timur menghadiri kegiatan yang diselenggarakan selama 2 (dua) hari pada Senin (30/7) hingga Selasa (31/7). Perwakilan dari KPU Kabupaten Jombang adalah Maharani Yudhita dan Tri Suko Wibowo.

bimtek arsip 1

Dra Diyah Kuswardani MM dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur,

Eko menjelaskan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk mengingatkan pada para pengelola arsip di satuan kerja masing-masing bahwa selepas pelaksanaan tahapan Pilkada Serentak Tahun 2018, mereka wajib melakukan pengelolaan arsip dan dokumentasinya. Karena mengelola arsip Pilkada dengan benar, maka sejarah akan terjaga di kemudian hari dan bernilai tinggi untuk generasi selanjutnya.

“KPU RI juga telah membuat pedoman atau dasar hukumnya terkait pengelolaan arsip melalui Peraturan KPU Nomor 17 Tahun 2016 tentang Jadwal Retensi Arsip Substantif dan Fasilitatif Non Kepegawaian dan Non Keuangan yang menjadi acuan mana arsip yang akan dipermanenkan, dan mana yang akan disimpan hingga dimusnahkan dalam jangka waktu tertentu,” ujar Eko.

bimtek arsip

Sekretaris KPU Jawa Timur, Eberta Kawima

Narasumber lainnya yang juga memberikan pembekalan terkait pengelolaan kearsipan antara lain : Dra Diyah Kuswardani MM dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur, Perwakilan dari Subbag Kearsipan dan Tata Persuratan KPU RI yang menyampaikan tentang Tata Naskah Dinas pada KPU yang diatur dengan Keputusan KPU RI Nomor : 15/Kpts/KPU/Tahun 2017 Tentang Kode Klasifikasi Arsip dan Pengkodean Naskah Dinas Di Lingkungan KPU RI/KPU Provinsi/KIP Aceh, dan KPU/KIP Kabupaten/Kota, serta dari Divisi Keuangan Umum dan Logistik KPU Provinsi Jawa Timur.

“Kami berharap pengelola arsip di KPU Kabupaten/Kota melaksanakan apa yang sudah tertuang dalam pedoman dalam mengelola arsip meski masih ada keterbatasan anggaran pengelolaan arsip tapi harapannya tidak menjadikan kendala dan bisa dicarikan solusi sesuai dengan kemampuan anggaran di masing-masing satuan kerja,” imbuh Sekretaris KPU Jawa Timur, Eberta Kawima. (dyta)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *