KPU Jombang Tuan Rumah Rakor dan Evaluasi Penyusunan DPSHP Akhir dan DPT Pemilu 2019 Se-Jawa Timur

kpu-jombangkab.go.id.  KPU Jombang kembali menjadi tuang rumah Rapat Koordinasi (Rakor) Hasil Penyusunan DPSHP Akhir dan Penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilihan Umum 2019. Acara dilaksanakan selama dua hari, 25 – 26 Agustus 2018, di ruang Husni Kamil Manik KPU Kabupaten Jombang. dihadiri oleh Anggota KPU Jatim, Choirul Anam, Gogot Cahyo Baskoro, Dewita Hayu Shinta, Rochani dan Insan Qoriawan. Anggota Bawaslu Jatim, Ikhwanudin Alfianto. Peserta kegiatan adalah Divisi Perencanaan dan Data serta operator Sidalih dari 38 KPU Kabupaten/ Kota di Jawa Timur.

rakor dpt

Rakor diperlukan  untuk berkoordinasi terlebih dahulu sebelum melakukan penetapan DPT di tingkat Provinsi dalam sebuah forum bersama,” Ujar Suharto Kabag Program, Data, Organisasi dan SDM KPU Provinsi Jawa Timur pada laporannya, Sabtu (25/8).

rakor dpt 1

Muhaimin Shofi Ketua KPU Jombang menyanyampaikan terima kasih pada KPU Jatim,  yang telah diberi kepercayaan menjadi  Rumah Rakor dan Evaluasi Penyusunan DPSHP Akhir dan DPT Pemilu 2019 Se-Jawa Timur, “di Jombang ada wisata religi yaitu  makam Kyai Haji Hasyim Asy’ari, kakek KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, presiden keempat Republik Indonesia dan kuliner Kikil Mojosongo ,” Ujar Muhaimin mengahiri sambutanya.

Rochani S.Pi, MP. Anggota KPU Jatim Tambahan mewakili Ketua KPU Jatim yang berhalangan hadir, menyatakan dalam rakor ini dapat menjadi wadah Provinsi dengan Kabupaten/ Kota untuk berkoordinasi menyelesaikan permasalahan yang tidak dapat diselesaikan tanpa melalui tatap muka langsung,” Ujarnya  perempuan yang sebelumnya menjadi Ketua KPU Kota Batu.

rakor dpt 2

Selanjutnya Dewita Hayu Shinta Komisioner KPU Jatim Divisi Umum; Keuangan dan Logistik KPU Jatim, dengan penetapan DPT natinya  dapat digunakan untuk memetakan data TPS. DPT per-TPS kemudian akan digunakan untuk menghitung kebutuhan surat suara pemilu 2019,” Ujarnya

Gogot Cahyo Baskoro Komisioner KPU Jatim Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat KPU Provinsi Jawa Timur, mohon agar semua jajaran KPU hingga KPPS membiasakan penggunaan istilah yang benar. Termasuk juga mensosialisasikan kepada partai politik, media, dan masyarakat, “Beberapa istilah dalam daftar pemilih Pemilu 2019 ada perubahan atau perbedaan dengan Pilgub Jatim 2018 kemarin,” Ujarnya.rakor dpt 3

Sementara itu, Divisi Perencanaan dan Data KPU Jatim, Choirul Anam rakor  dan evaluasi perlu membahas beberapa permasalahan yang menjadi temuan di lapang yang harus diselesaikan,” Ujarnya.rakor dpt 4

Rakor dilanjutkan dengan pemaparan materi dari Anggota Bawaslu Jatim, Ikhwanudin Alfianto mengungkapkan Pada dasarnya, KPU dan Bawaslu memiliki rumah yang sama, meskipun berbeda kamar. Sehingga antara KPU dan Bawaslu ini perlu membangun semangat yang sama untuk menghasilkan regulasi yang berkualitas. “Dengan demikian tidak terbangun lagi pemikiran Bawaslu mencari-cari kesalahan KPU,” Ujar mantan Ketua KPU Kabupaten Ponorogo. (agus).

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *